Follow Us

Taman di Atas Septic Tank

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 01 November 2012 | 09:28
Taman di Atas Septic Tank
Devi F. Yuliwardhani

Taman di Atas Septic Tank

Taman menjadi resep mujarab untuk menghilangkan bau septic tank. Apalagi jika bau yang keluar dari pipa saptic tankitu terbang dan terbawa angin masuk ke dalam rumah. Akibatnya, udara segar yang kita cari justru malah kita hindari. Kunci utama untuk menghilangkan bau tak sedap ity hanya dengan membuat taman berkolam di area sekitar lubang udaraseptic tank. resep tersebut secara tidak sengaja ditemukan sang pemilik rumah.

Pada awalnya, pemilik hanya ingin membuat taman pada halaman rumahnya. Karena keterbatasan lahan, maka lahan kosong di bagian belakang menjadi pilihan. Taman ini pun akhirnya dibuat lengkap dengan kolam dan air terjun. Aneka tanaman, antara lain: tanduk rusa (Platycerum disserata), ekor tupai (Asparagus densiflores), dan nusa indah merah (Nusaendah sp) ditempatkan di cerukan pada dinding relief.

Tidak lupa di sisi teras dan dinding kolam ditempatkan tanaman pot. Keberadaan taman berkolam ini mengubah penampilan halaman belakang. Lahan yang dulunya rumput dan terdapat pipa udara septic tank itu berubah menjadi asri dan segar. Bau septic tank pun lenyap, berganti harum wangi bunga.

Foto: Dok. iDEA/Martin

Lokasi: Rumah Soejatna Soenosoebrata

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest