Follow Us

Taman Kucai, Hijau dengan Cahaya Minim

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 22 Mei 2013 | 05:31
Taman Kucai Hijau dengan Cahaya Minim
Devi F. Yuliwardhani

Taman Kucai Hijau dengan Cahaya Minim

Pencarian Eddy W. Wiyana akhirnya membuahkan hasil. Ia menemukan apa yang diinginkannya: rumput bagus dan hijau yang tahan cuaca. Rumput apakah itu? Dikenal sebagai Rumput Kucai (Ophiopogon japonicus). Ia pun menanamnya di taman depan dan taman belakang rumahnya.

Sekarang, hamparan rumput di taman milik Eddy tetap menghijau, walaupun pepohonan rimbun menaungi. Rerumputan yang kurang terkena sinar matahari umumnya memang tumbuh kurang bagus, bahkan mati. Area taman biasanya jadi gundul, apalagi di sekitar pohon yang tinggi dan rimbun.

Jika taman di rumah Anda pun kurang terkena sinar matahari, tak salah jika memilih Rumput Kucai ini. Namun rumput jenis ini sulit berkembang biak. Beda dengan jenis rumput lain yang biasanya cepat menjalar dan lebat. Karenanya, menanam rumput kucai perlu rapat -jarak antartanaman tak jauh, bahkan tak ada tanah yang tak tertutupi.

Di samping itu, Rumput Kucai tidak boleh diinjak-injak. Jadi, beda dengan rumput lain yang bisa diinjak-injak, rumput ini layaknya tanaman perdu, yang mati jika diinjak-injak. Maka di antara hamparan rumput ini sebaiknya dipasang pijakan -bisa dari batu pipih atau beton dekoratif. Pijakan atau jalan setapak ini terutama untuk merawat tanaman dan menyiram. Memang banyak yang mengatakan bahwa menanam Rumput Kucai memerlukan dana lebih daripada rumput biasa. Namun bagi Anda yang menyukai hijau hamparan rumput, rumput ini tahan banting. Jadi, benefitnya masih lebih menjanjikan. Mau coba?

Foto: Dok.iDEA/Martin,Grafis: ZakaLokasi: Hunian Keluarga Eddy W. Wiyana , Perumahan Puspita Loka, Bumi Serpong Damai, Tangerang

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest