Follow Us

Mendesain Roof Garden

Devi F. Yuliwardhani - Sabtu, 30 November 2013 | 04:00
Mendesain Roof Garden
Devi F. Yuliwardhani

Mendesain Roof Garden

Dengan fakta tersebut maka, tidak salah bila kita mencoba membuat roof garden di rumah. Selain itu kehadiran tanaman pada atap kita akan melindungi atap kita dari polusi debu, udara kotor, panas, dan sinar ultraviolet.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat roof garden:

Pastikan dak rumah Anda kuat menahan beban tanah/media tanam, tanaman, elemen taman (bangku, gazebo, atau gazebo), dan utilitas (pipa drainase, instalasi lampu, dan air), serta manusia yang beraktivitas di atasnya. Beban struktur dapat dikurangi dengan menggunakan media tanam yang ringan, seperti campuran gel, sabut kelapa, pakis, rumput laut, dan arang. Sebaiknya roof garden diberi fasilitas berteduh untuk mengurangi panas pada ruang bawahnya. Selain pohon, Anda bisa juga memberikan pergola atau gazebo pada roof garden tersebut.Tutup permukaan dak dengan bahan yang dapat menyerap panas, seperti rumput atau rubber tile (karet). Permukaan air berupa kolam, juga dapat menjadi pilihan.Ketebalan media tanam bervariasi. Untuk rumput dan tanaman pembatas cukup setebal 20cm, semak 30-50cm, dan semak/pohon bibit vegetatif setinggi 80cm. Untuk mengurangi beban struktur buat beberapa planter setempat atau urukan kontur untuk tanaman yang membutuhkan media tanam yang tebal.Sebelum diberi media tanam, dak dilapisi cairan waterproofing. Beri dasar batu apung/karang, kemudian di atasnya dilapisi geotextile. Uruk dengan media tanam yang sudah disediakan, sesuai kebutuhan.

Pastikan dak rumah Anda kuat menahan beban tanah/media tanam, tanaman, elemen taman (bangku, gazebo, atau gazebo), dan utilitas (pipa drainase, instalasi lampu, dan air), serta manusia yang beraktivitas di atasnya. Beban struktur dapat dikurangi dengan menggunakan media tanam yang ringan, seperti campuran gel, sabut kelapa, pakis, rumput laut, dan arang.

Sebaiknya roof garden diberi fasilitas berteduh untuk mengurangi panas pada ruang bawahnya. Selain pohon, Anda bisa juga memberikan pergola atau gazebo pada roof garden tersebut.

Tutup permukaan dak dengan bahan yang dapat menyerap panas, seperti rumput atau rubber tile (karet). Permukaan air berupa kolam, juga dapat menjadi pilihan.

Ketebalan media tanam bervariasi. Untuk rumput dan tanaman pembatas cukup setebal 20cm, semak 30-50cm, dan semak/pohon bibit vegetatif setinggi 80cm. Untuk mengurangi beban struktur buat beberapa planter setempat atau urukan kontur untuk tanaman yang membutuhkan media tanam yang tebal.

Sebelum diberi media tanam, dak dilapisi cairan waterproofing. Beri dasar batu apung/karang, kemudian di atasnya dilapisi geotextile. Uruk dengan media tanam yang sudah disediakan, sesuai kebutuhan.

Foto: Gardenvisit.com

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest