Follow Us

Sebelum Membuat Kolam di Taman, Cek Ini Dulu!

- Senin, 01 Mei 2017 | 03:10
Langkah Cermat Bangun Taman Air
idea

Langkah Cermat Bangun Taman Air

iDEAonline - Membangun kolam di taman yang indah dipengaruhi oleh bagaimana konsep taman air itu sendiri. Pada prinsipnya, membangun taman air tidak berbeda dengan membuat taman biasa pada umumnya.

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah membuat kolam di taman yang perlu Anda ketahui.

Yang dibutuhkan:

Air - dalam bentuk kolam atau aliran air yang bersirkulasi.

Tanaman air - sebagai pengisi dan penghias kolam ikan.

Pompa dan filter air - membuat air bersirkulasi agar tidak boros air.

Langkah pembuatan:

Buatlah konsep taman air dahulu. Jangan terburu-buru membuatnya. Tentukan letak dan ukuran kolam air dan bagaimana air bersirkulasi.

Buatlah lahan berkontur. Taman air lebih mudah dan menarik jika dibuat pada lahan berkontur. Kemiringan tanah cukup antara 2 hingga 3 derajat. Lahan yang lebih tinggi bisa dibuat menjadi sumber air, dan lahan yang lebih rendah atau terendah bisa menjadi kolam ikan.

Bila Anda ingin membuat dua jenis kolam sebagikanya gunakan kolam air yang berukuran besar menjadi pusat taman. Sementara kolam kecil sebagai pemberi aksen pada taman. Beberapa bentuk kolam yang dapat Anda pilih, antara lain; segiempat, lingkaran, elips, kombinasi ketiganya, atau mengikuti bentuk lahan yang tersedia.

Buat aliran air dengan menggunakan pompa sirkulasi.

Tanam dan atur tanaman sehingga berkesan alami. Tempatkan taman-tanaman sesuai jenisnya. Tanaman air di dalam air, tanaman penyuka air di area sekitar kolam. Sementara, pohon dapat digunakan sebagai penaung taman air.

Pilihlah jenis ikan yang sesuai dengan kondisi air. Jenis ikan yang dapat Anda pilih adalah aneka ikan hias seperti ikan mas dan ikan koi. Bisa juga ditambahka ikan sapu-sapu sebagai pembersih lumut pada permukaan lantai dan dinding kolam. Ikan mujair atau ikan pemakan jentik lainnya juga bisa jadi pilihan.

Pertimbangkan jenis-jenis tanaman yang mungkin ditanam di dalam kolam, sekitar kolam, dan sekitar aliran air. Jenis tanaman yang bisa dipilih antara lain selada air (Pistia stratiotes), Teratai (Nymphaea), bambu air (Equisetum), iris (Iris), tifa (Typha), kuping gajah (Colocasia) dan beragam tanaman penyuka air lainnya.

Itu dia langkah-langkah membuat kolam di taman. Selamat mencoba iDEA-Lovers!

Editor : Maulina Kadiranti

Latest