Follow Us

5 Trik Merawat Lukisan Di Rumah

- Selasa, 17 Maret 2015 | 08:34
5 Trik Merawat Lukisan Di Rumah
idea

5 Trik Merawat Lukisan Di Rumah

Bagi para pecinta seni, memiliki lukisan merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan untuk memperindah sudut ruang di rumah tercinta. Tetapi biasanya para pecinta seni tersebut kesulitan untuk merawat lukisan yang dimiliki. Terlebih lagi lukisan juga menjadi salah satu barang koleksi dan investasi. Berikut ini 5 trik merawat lukisan agar selalu indah dipandang sepanjang masa.

1. Merawat lukisan dapat Anda mulai dengan membersihkan lukisan secara berkala dari debu yang menempel dengan kuas berbulu lembut, usap kuas dengan halus, jangan ditekan.

2. Jika lukisan menggunakan cat minyak, bersihkan dengan roti tawar. Caranya, usapkan roti tawar ke atas permukaan lukisan, namun perhatikan posisi roti, tidak ditekan ke permukaan lukisan, hanya antara menempel dan tidak menempel saja. Roti tawar akan menyerap debu yang ada di permukaan luksian tanpa merusak cat lukisnya.

3. Tempatkan lukisan di area yang kering, jauh dari jangkauan anak-anak, teduh, tidak lembap. sinar matahari langsung yang terus menerus dapat memudarkan warna cat. sedangkan tempat yang lembap dapat menimbulkan jamur dan membuat lukisan menjadi rapuh.

4. Saat membeli atau memesan lukisan mintalah agar lukisan diberi lapisan pelindung (coating khusus untuk lukisan), yang akan melindungi warna cat lukisan tahan lama dan awet. Jadi Anda tidak perlu bersusah payah merawat lukisan di rumah.

5. Ketika merawat lukisan, usahakan jangan membersihkan lukisan menggunakan cairan kimia yang tidak direkomendasikan. Salah-salah, cat lukisan malah menjadi luntur atau mengelupas.

Sekarang Anda sudah lebih mengetahui cara yang tepat untuk merawat lukisan di rumah. Memperhatikan ketika membeli dan merawat lukisan membuat rumah menjadi lebih cantik dan pastinya hobi Anda mengoleksi karya seni menjadi lebih tersalurkan. Selamat merawat lukisan kesayangan Anda di rumah.

Sumber: iDEA 134/XI/Juli 2014

Foto:

Editor : iDEA

Latest