Follow Us

Ayo Atasi Stres dengan Kegiatan Sepele Ini di Rumah

- Minggu, 21 Januari 2018 | 08:00
dok. pixabay.com
idea

dok. pixabay.com

iDEAonline – Dalam hidup pasti akan ada masalah yang akan dihadapi, yang tak jarang akan membuat seseorang tidak mampu mengatasinya. Kalau sudah begini, ia pasti akan menjadi stres. Diperkirakan hampir 340 juta orang di seluruh dunia mengalami depresi atau stres.

"Menurut penelitian, seseorang bisa menerima stres sampai pada ambang batas skor 200," ujar Rustika Thamrin, SpSi, CHt, CI, MTLT, psikolog dari Brawijaya Women and Children Hospital kepada Kompas Female.

Ada beberapa faktor yang disebut menjadi penyebab mengapa jumlah wanita yang depresi lebih banyak dibanding pria, yaitu perubahan hormon pada saat hamil, menopause, dan periode pra-menstruasi. Menurut Standar Holmes-Rahe Stress Scale, yang termasuk penyebab stres adalah kematian pasangan hidup, perceraian, kematian keluarga dekat, sakit berat, dan pernikahan.

Untuk itu, ayo atasi stres dengan aktivitas mudah yang bisa dilakukan di rumah. Sebuah penelitian di Jerman tahun 2009 memaparkan bahwa mengunyah permen karet sangat bagus untuk menghilangkan stres tidak hanya itu juga dapat membangkitkan konsentrasi. Untuk mengurangi stres banyak hal yang bisa dilakukan salah satunya adalah memelihara hewan kesayangan di rumah.

Nah, dalam sebuah penelitian terhadap 97 pemilik hewan peliharaan, mereka yang berpikir tentang hewan peliharaannya akan tetap berpikir positif meskipun baru saja mengalami hal buruk dalam kehidupan sosialnya.

Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat menghilangkan stres. Yap, dengan mengunyah permen karet, saraf yang tegang pun akan reda sehingga tubuh akan rileks kembali.

Eits, berpelukan dengan orang tersayang pun bisa meredakan stres. Begitu juga dengan berinteraksi dengan keluarga. Suka berkebun? Ayo teruskan kesukaan Anda! Berkebun bisa memicu efek bahagia di dalam tubuh.

Gimana menurut kalian? Jangan lupa menonton video lucu dan meniup balon juga bisa mengurangi stres di rumah lho. Yuk di coba!

Editor : iDEA

Latest