Follow Us

Baterai Dari Kayu

Maulina Kadiranti - Sabtu, 27 Juli 2013 | 05:00
Baterai Dari Kayu
Maulina Kadiranti

Baterai Dari Kayu

Sekelompok ilmuwan di Universitas Maryland menemukan sebuah penemuan ramah lingkungan yang bisa sangat berguna bagi kehidupan rumah tangga. Liangbing Hu, Teng Li dan timnya menciptakan sebuah baterai yang berasal dari kayu, inspirasinya simpel yaitu ketika mereka sedang berdiskusi mencari sebuah ide dan sama-sama melihat sebuah pohon makan tercetuslah ide ini.

Penemuan mereka menggunakan sepotong kecil kayu dari pohon-pohon pinus kuning dilapisi dengan timah untuk menciptakan sebuah perangkat yang seribu kali lebih tipis dari selembar kertas. Sebagai pengganti lithium, mereka memilih sodium meskipun tidak menyimpan energi secara efisien, biayanya jauh lebih sedikit dan merupakan bahan yang banyak ditemui di tempat umum. Meskipun mereka belum menguji daya tahan baterai ini di perangkat mobile-nya tapi ini merupakan sebuah penemuan besar yang dapat dikembangkan untuk pembangkit tenaga listrik yang lebih besar.

"Serat kayu yang membentuk pohon itu memiliki kandungan yang kaya mineral, dan sangat ideal untuk menyimpan elektrolit cair, membuat mereka tidak hanya dasar tetapi merupakan bagian aktif dari baterai." Kata Hu. Dengan menggunakan bahan-bahan murah dan umum seperti dengan anggukan untuk biomimikri, kelompok ini telah membuat langkah besar dalam mengurangi polusi dan meningkatkan potensi penyimpanan energi hijau.

Sumber: inhabitat.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest