Follow Us

Manfaatkan Area Loteng: Kamar Tidur

Devi F. Yuliwardhani - Sabtu, 08 Februari 2014 | 04:00
Manfaatkan Area Loteng Kamar Tidur
Devi F. Yuliwardhani

Manfaatkan Area Loteng Kamar Tidur

Ruang bawah atap atau attic ini belum banyak dioptimalkan di Indonesia. Panas akibat radiasi matahari jadi alasan. Namun saat problem sudah teratasi, maka ruang sisa ini bisa jadi ruang tambahan dengan banyak fungsi.

Sebagai contoh, berikut ini ide untuk pemanfaatan loteng rumah menjadi kamar tidur.

o Karena akan dihuni dalam jangka lama, cek terlebih dahulu suhu ruang loteng. Suhu normal ruangan berkisar 27-28ºC. Beri lapisan insulasi tambahan jika ruang masih terasa panas.

o Hindari menempatkan banyak perabot agar lantai loteng tak terlalu terbebani. Buat furnitur yang kompak, misal tempat tidur dengan banyak storage. Atau ruang meja belajar sekaligus rak simpan.

o Optimalkan banyak bukaan atap untuk membantu menyejukkan ruangan. Semakin banyak bukaan semakin cepat udara panas yang terjebak agar keluar.

o Pasang shading pada bukaan, baik berupa kisi-kisi atau kerai, untuk menghalau sinar matahari masuk secara langsung.

o Pemilihan jenis penyangga lantai sesuai beban yang ditanggung lantai. Bisa berupa rangka baja atau beton. Demi keamanan, konsultasikan terlebih dahulu dengan arsitek dan kontraktor berkompeten.

o Ketinggian ruang kamar 2,4-3m. Untuk area lain yang lebih rendah dapat dimanfaatkan untuk tempat lemari, rak simpan, atau ruang belajar.

Foto: Dok. Renovasi/iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest