Follow Us

Nobar Gerhana Matahari di Yogyakarta

Sabrina Alisa - Senin, 07 Maret 2016 | 03:33
Nobar Gerhana Matahari di Yogyakarta
Sabrina Alisa

Nobar Gerhana Matahari di Yogyakarta

iDEAonline.co.id - Gerhana matahari akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Semua masyarakat menyambut antusias fenomena alam yang satu ini. Ya, ada banyak cara untuk menikmati gerhana matahari salah satunya nobar atau nonton bareng seperti yang akan dilakukan oleh masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seperti yang dilansir oleh Kompas.com, nonton bareng ini dipusatkan di salah satu ikon Kota Pelajar tersebut, yaitu di Tugu Pal Putih. Untuk menikmatinya, akan disediakan alat teropong dan layar sehingga tidak adanya kecemasan dalam melihat gerhana matahari. "Alat yang disediakan memang terbatas. Karenanya, akan dipasang layar besar agar masyarakat bisa bersama-sama melihat," kata Toni.

Acara nonton bareng ini hasil kerja sama antara BMKG dan Pemkot Yogyakarta dan Taman Pintar. Acara akan dimulai pada pukul 06.20 WIB dan berakhir pada 08.30 WIB di mana puncak Gerhana Matahari di Yogyakarta terjadi pada pukul 07.30 WIB. "Di wilayah Yogyakarta dapat melihat 83 persen Gerhana Matahari," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta Toni Agus Wijaya, Rabu (2/3/2016). Demi lancarnya nobar, kini pengamanan di Tugu Pal Putih pun telah ditingkatkan.

Tertarik ingin melihatnya juga? Anda dapat mengunjungi Yogyakarta atau mengunjungi destinasi wisata gerhana matahari lainnya. Eits, jika minim budget, Anda bisa mencontek ide nobar tersebut dengan keluarga. Namun, jangan abaikan peraturan yang satu ini, ya! Selamat menyaksikan gerhana matahari iDEA Lovers!

Sumber: kompas.com

Foto: kanaljogja.com

Editor : Sabrina Alisa

Latest