Follow Us

Penting, Ini Dia 3 Tips Mudik Naik Kereta Api!

Sabrina Alisa - Selasa, 05 Juli 2016 | 16:43
Penting Ini Dia 3 Tips Mudik Naik Kereta Api
Sabrina Alisa

Penting Ini Dia 3 Tips Mudik Naik Kereta Api

iDEAonline.co.id - Selain menggunakan kendaraan pribadi seperi mobil dan motor, transportasi masal seperti kereta api masih menjadi transportasi favorit bagi para pemudik. Hal ini terlihat dari padatnya penumpang yang menunggu di stasiun-stasiun keberangkatan.

Kereta api adalah salah satu moda transportasi yang menawarkan perjalanan mudik yang bebas hambatan dan terjangkau bagi masyarakat. Tak pelak, kemudahan-kemudahan itu menjadikan transportasi kereta api menjadi favorit masyarakat khususnya daerah ibukota Jakarta menuju kampung halaman.

Kualitas pelayanan dari PT. KAI dari tahun ke tahun juga terbilang meningkat seperti pembatasan penjualan tiket kereta api sesuai dengan jumlah tempat duduk. Namun, bukan berarti ancaman oknum-oknum yang tak bertanggung jawab telah hilang.

Mengutip dari kompas.com, Bambang Setyo Prayitno selaku Humas PT KAI Daerah Operasi (DAOP) 1 membagikan tiga tips bagi pemudik yang pulang kampung menggunakan kereta api. Berikut tips-nya untuk Anda.

Waspada penipuan tiket

Hindari pembelian tiket dari jasa tiket perorangan. Pasalnya, jasa penjualan tiket perorangan ini merupakan modus penipuan yang dijalankan dengan cara menjual tiket dengan identitas orang lain. Biasanya, penjual akan menyertakan identitas di tiket yang dijual untuk meloloskan pemeriksaan. Bila ketahuan oleh petugas, baik penumpang maupun si penjual tiket dapat dikenakan sanksi hukum.

Bagasi mudik

Euforia mudik karena segera bertemu keluarga bisa berujung bagasi barang yang overload alias melebihi kapasitas. Sebaiknya, pengguna jasa kereta api memikirkan kenyamanan penumpang kereta lainnya yang juga memerlukan tempat penyimpanan barang. Pasalnya, bagasi yang tersedia memiliki batas tertentu untuk setiap penumpang. Penumpang hanya diperbolehkan membawa barang dengan bobot maksimal 20 kg dengan volume maksimum 100 dm3 (dimensi 70 cm x 48 cm x 30 cm). Lebih dari itu, barang tak diperbolehkan masuk atau harus ditempatkan di kereta bagasi sesuai dengan ketentuan pihak ketiga (pengelola kereta bagasi).

Beli tiket secara resmi

Pihak PT KAI menghimbau kepada calon penumpang agar tidak melakukan pembelian tiket melalui jasa-jasa perorangan karena bisa berakibat fatal atau tiket tidak bisa digunakan karena palsu. PT KAI tidak bekerja sama dengan perorangan tetapi hanya bekerja sama dengan channel-channel resmi, seperti minimarket terkemuka, kantor pos, agen-agen, juga bisa mengunduh aplikasi KAI Access melalui handphone. Jadi, penting untuk membeli tiket di tempat yang resmi yaa.

Mudik aman, Lebaran pun lancar. Selamat mudik, iDEA Lovers.

Sumber: http://travel.kompas.com

Foto: www.tripandjouneys.com

Editor : Sabrina Alisa

Latest