Follow Us

Sekat Ruang Tidak Harus Dinding. Ini 5 Alternatifnya!

- Kamis, 06 April 2017 | 10:45
Kaca yang transparan tetap dapat meneruskan cahaya ke dalam ruang.
idea

Kaca yang transparan tetap dapat meneruskan cahaya ke dalam ruang.

iDEAonline – Saat lahan semakin sedikit, rumah dengan banyak ruang semakin ditinggalkan. Ruang luas tanpa dibatasi dinding menjadi pilihan.

Tetapi, kekurangan dari desain ini adalah minimnya privasi. Sebagian orang merasa tidak nyaman saat tamu dapat melihat setiap sudut rumah.

Membuat sekat semiterbuka pun menjadi solusi.

”Partisi ruang tidak hanya untuk membatasi ruang saja. Jika kita bisa memilih dengan tepat, partisi tersebut bisa menjadi bagian dari dekorasi ruangan,” ujar desainer interior Frisca Tania Miranti.

Namun, untuk membuat sekat semiterbuka yang tepat, ada beragam pilihan yang bisa diaplikasikan. Berikut 5 alternatif sekat ruang yang bisa Anda pilih.

1. Lemari atau Rak

Dengan ukuran yang besar, lemari menjadi penghalang visual sekaligus penegas batas ruang yang andal. Agar tak merusak keindahan ruang, pemilihan desain lemari penting untuk diperhatikan.

Anda bisa menempatkan rancangan lemari atau rak dengan dua sisi muka. Tujuannya, tampilan ruang di kedua sisi tetap menarik.

2. Panel Transparan

Penggunaan panel yang masif sebagai penyekat ruang terkadang menjadikan ruangan sumpek. Agar ruang tet[ tampak lega, pilih material transparan seperti kaca dan panel resin yang tembus pandang.

Bagi Anda yang ingin privasi lebih, kaca dapat ditempel dengan stiker sandblast. Cahaya ruang lain pun masih tetap dapat masuk. Privasi terjaga, ruang lebih lega.

3. Kayu dan Bambu

Editor : Fransisca Wungu

Latest