Follow Us

Realrich Sjarief dari RAW Architecture: Percuma Jika Hanya Jadi “Gincu” Bangunan

Dok Grid - Rabu, 26 Juli 2017 | 09:15
Realrich Sjarief berbicara mengenai unfinished
idea

Realrich Sjarief berbicara mengenai unfinished

iDEAonline – Arsitek sekaligus founder dari RAW Architecture, Realrich Sjarief membeberkan pemahaman baru soal desain rumah bergaya unfinished. Baginya, sebuah hunian bergaya unfinished memperlihatkan kejujuran material.

Hal inilah yang membuat Realrich Sjarief mengaplikasikan desain unfinished ke hunian sekaligus perpustakaan dan studio miliknya yang dinamakan “99 Percent The Guild”.

Realrich Sjarief percaya bahwa tidak semua orang memiliki pandangan yang sama. Ada dua aliran dalam hal ini, yaitu ada yang beraliran maksimalis dengan memberikan banyak ornamen dalam desain dan aliran minimalis yang lebih memilih untuk menampilkan material sejujur-jujurnya.

Lebih jauh, Realrich Sjarief mengatakan, sah-sah saja jika detail desain dibuat untuk alasan fungsional. Namun, akan jadi percuma ketika ornament dibuat hanya sebagai “gincu” bangunan.

Realrich Sjarief sendiri merupakan jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan The University Of New South Wales (UNSW).

Setiap karya yang dihasilkan oleh Realrich, selalu memasukkan dua hal ke dalam desainnya yakni unsur kultural dan unik.

Karya Omah Architecture Library memenangkan IAI Awards 2017 dan proyeknya yang lain, Akanaka Residence juga masuk dalam nominasi IAI Award 2017 untuk kategori bangunan hunian.

Selain menelurkan karya di bidang arsitektur, Realrich Sjarief juga telah mengeluarkan sebuah buku yang berjudul #1 Alpha: Never Ending Dialogue In The Strange Architecture Library.

Editor : iDEA

Latest