Follow Us

6 Hal Ini Bisa Bikin Mesin Cuci Rusak Lho!

Nurul Hardiyanti - Kamis, 25 Januari 2018 | 08:00
6 Hal Ini Bisa Bikin Mesin Cuci Rusak Lho!
Nurul Hardiyanti

6 Hal Ini Bisa Bikin Mesin Cuci Rusak Lho!

iDEAonline – Agar mesin cuci Anda bisa bertahan dalam waktu yang lama, tentu Anda perlu memperhatikan perawatannya. Memang, nyatanya perawatan mesin cuci bisa dibilang susah-susah gampang. Cara pemakaian juga sangat berpengaruh lho ternyata.

Nah, ini dia hal-hal yang biasanya Anda kelupaan ketika menggunakan mesin cuci.

1. Lupa Periksa Saku Baju Atau Celana

Entah uang logam, kertas, koin, peniti, kunci, dan lain-lain seringkali masuk dalam mesin cuci dan ikut tercuci. Faktanya, jika barang-barang tersebut tertinggal dan tercuci juga maka barang tersebut lama-kelamaan dapat merusak mesin cuci. Baiknya, Anda periksa dulu ya pakaian yang ingin dicuci jangan sampai barang-barang tersebut ikut masuk ke dalam mesin cuci.

2. Pakaian Asal Langsung Dimasukkan

Jjangan memasukan pakaian kotor mentah-mentah ke mesin cuci. Ketika pakaian tersebut terbelit-belit atau terlipat-lipat, usahakan Anda merapikannya terlebih dahulu hingga pakaian dalam keadaan terbuka. Selain, hasil pencucian tak maksimal, pakaian yang terlipat atau terbelit itu akan menggangu kinerja mesin cuci.

3. Mencampurkan Berbagai Jenis Material Pakaian

Contoh saja, Anda mencampurkan bahan jeans dengan sutera. Hal tersebut selain bisa merusak bahan yang dicuci, pencampuran tersebut juga dapat merusak mesin cuci. Untuk itu, sesuaikan cucian dengan program pengoprasian mesin cuci yang sebelumnya sudah anda setel.

4. Memasukan Terlalu Banyak Volume Cucian

Jangan sekali-kali Anda memasukkan cucian kotor dari volume batas wajarnya lho. Sebab, kelebihan kapasitas akan membuat mesin cuci bekerja ekstra. Jika berlarut-larut dilakukan, maka mesin cuci Anda tak heran akan rusak nantinya.

5. Asal Pakai, Malas Merawat

Setelah pakai, jangan lupa untuk membersihkannya ya. Cek saluran pembuangan dan bersihkan juga filternya. Jika tidak, hal tersebut akan menggangu kinerja mesin cuci. Kotoran yang tersumbat memaksa mesin bekerja ekstra, tak hanya itu hal tersebut dapat menimbulkan beragam penyakin lantaran memancing bakteri serta kuman tumbuh di area tertentu.

Editor : Nurul Hardiyanti

Latest