Follow Us

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Pembersih Alami Lho!

Pipit - Minggu, 18 Maret 2018 | 03:00
obly.com
Agustina Sapitri

obly.com

Penulis Nurul Hardiyanti

iDEAonline - Untuk membersihkan rumah, biasanya kita selalu mengandalkan pembersih dengan hasil yang ampuh. Namun, seringkali luput perhatian adalah komposisi bahan kimia pada pembersih tersebut. Aman kah bagi tubuh?

Jika ragu, mengapa tidak mencobanya dengan bahan alami? Coba yuk dengan cara alami, tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Semua bahan-bahan yang digunakan bisa didapat di dapur kita lho!

Saus tomat untuk membersihkan oven.

Foto: pixabay.com
Jika noda membandel terbakar di oven, kecilkan oven hingga suhu rendah. Lalu, taruh saus tomat pada noda, gosok, dan diamkan selama 5 menit. Kita juga bisa menggunakan saus tomat untuk mengembalikan vas tembaga dengan mengoleskan saus tomat tipis-tipis, lalu cuci, dan keringkan.

Aluminium foil untuk membersihkan perak.

Foto: hgtv.com
Untuk perak yang ternoda, ambil 1 liter air, 1 sdm baking soda dan satu potongan aluminium foil, lalu didihkan. Masukkan benda perak dalam panci selama 10 detik (lebih lama jika ada tambahan noda), kemudian keluarkan dengan penjepit. Lihat sendiri hasilnya! Kita juga dapat membuat bola-bola dari aluminium foil untuk menggosokkan panci alumunium.

Soda alami membersihkan sampah.

Foto: pixabay.com
Jika pembuangan sampah pada tempat cucian piring tersumbat, tuangkan soda dalam suhu kamar. Tunggu sampai berhenti mendesis, lalu bilas dengan air panas. Asam fosfat dalam soda dapat menghapus sampah yang menempel. Kita juga bisa menggunakan air soda tersebut untuk membersihkan kaca depan mobil.

Kulit jeruk membersihkan tempat air.

Foto: pixabay.com
Lain kali saat mengupas jeruk, jangan buang kulitnya. Kulit jeruk dapat menghilangkan bintik-bintik air di kran logam, dan membuatnya bersinar kembali. Kita juga bisa membuat peralatan kayu yang kusam menjadi cerah seperti semula dengan sisi putih kulit jeruk. Minyak jeruk menjadi cat alami. Kulit jeruk juga bisa menghalau serangga.

Pasta gigi membersihkan dinding.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest