Follow Us

Tak Perlu Risau Bila Pagar Berkarat! Ini Dia Cara Memperbaikinya!

Pipit - Jumat, 13 Juli 2018 | 10:00
Jadi Jelek dan Berbahaya, Ini Cara Memperbaiki Pagar Berkarat
Nurul Hardiyanti

Jadi Jelek dan Berbahaya, Ini Cara Memperbaiki Pagar Berkarat

iDEAonline - Selain kayu dan aluminium, pemilik rumah umumnya memilih pagar yang terbuat dari besi untuk menjadi “benteng” di rumahnya. Kuat, kokoh, dan banyak ragamnya. Itulah alasan yang paling banyak terlontar.

Tapi, pagar besi selalu memberikan perkara yang tak lain ialah karat. Kotor, kusam, dan bahaya itulah yang mengacam tampilan dan penghuni rumahnya. Kendati begitu, Anda tak perlu khawatir. Rumahguide.id akan bagikan cara yang tepat guna memperbaiki pagar berkarat dari gejala awal hingga akhir.

Cat Pagar Terkelupas

Sebelum pagar berkarat, biasanya ditandai dengan cat pagar yang terkelupas. Nah, jika Anda sudah melihat tanda-tanda ini di pagar Anda, sebaiknya tutupi bagian yang terkelupas dengan dengan bahan yang dapat mencegah terpaan air.

Contohnya saja, aplikasi gemuk alias minyak atau menggunakan oli bekas. Sejatinya, minyak dan air adalah senyawa yang tidak akan bersatu. Nah setelah Anda mengolesi bagian yang terkelipas tersebut dengan gemuk atau oli, tutupi bagian terkelupas tersebut dengan dengan plastik wrap. Cara ini adalah dapat dilakukan apabila Anda belum memiliki cat antikarat. Bila cat tersebut sudah ada, segera lapisi bagian yang terkelupas, agar karat tak semakin menjadi-jadi.

Pagar Sudah Terselimuti Karat

Jika kondisi ini sudah terjadi di pagar rumah, maka perlu ada usaha yang Anda lakukan untuk membaikinya. Caranya, siapkan dahulu barang-barang yang dibutuhkan seperti sikat kawat, amplas besi, kuas, cat antikarat, masker dan sarung tangan.

Pertama, pakai masker dan sarung tangan agar kegiatan ini lebih aman untuk Anda. Lalu, bersihkan permukaan pagar yang berkarat menggunakan sikat kawat. Tujuannya, agar karat yang ada pada pagar memudar dan berkurang. Setelah selesai, hilangkan sisa-sisa noda karat menggunakan amplas besi hingga permukaan pagar halus kembali.

Setelah dua aktivitas ini selesai dikerjakan, selanjutnya cat pagar menggunakan cat dasar antikarat dan biarkanlah ia mengering dengan sempurna. Selanjutnya, Anda bisa mengecat pagar sesuai dengan warna pilihan Anda.

Karat Sudah Menggerogoti Pagar Sehingga Lapuk

Tidak ada cara lain untuk mengakali kondisi ini. Cara terbaik ialah melakukan pengelasan kembali di bagian yang lapuk. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan oleh ahlinya agar memberikan hasil yang maksimal tentunya.

Nah, jika proses pengelasan sudah selesai. Anda bisa melapisinya kembali dengan cat antikarat, setelah itu barulah melakukan pengecatan dengan menggunakan warna-warna pilihan Anda.

Itulah yang cara memperbaiki pagar berkarat dari gejala awal hingga masalah yang rumit berserta penyelesaiannya. Semoga bermanfaat!

Teks Zeldjian Poetera Athallah, Nia Irawan

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest