Follow Us

Selain Bahayakan Kesehatan, Ini Alasannya Kamar Mandi Tidak Boleh Berada di Kamar Tidur

iDea Online - Rabu, 26 September 2018 | 15:20
kamar mandi di dalam kamar tidur
boucheron.biz

kamar mandi di dalam kamar tidur

IDEAonline - Secara teknis dan teoritis, ilmu arsitektur sejatinya tidak pernah mempermasalahkan kehadiran kamar mandi pribadi di dalam kamar tidur.

Asal, kita membuatnya sesuai aturan.

“Saya percaya ada beberapa prinsip (tentang kamar mandi di kamar tidur) yang menyangkut maintenance bangunan. Kalau dari sisi desain, arsitektur, kamar mandi memang memiliki risiko rembes,” jelas Indra Zaka Permana, arsitek prinsipal dari PrivateLaboratory.net.

Kamar mandi di dalam kamar tidur
Fresh Bathroom

Kamar mandi di dalam kamar tidur

Menurutnya, baik atau tidak letak kamar mandi pribadi tersebut, justru ditentukan oleh kesiapan kita akan risiko jika tidak terdesain dengan baik, yaitu kelembapan ruang yang tinggi.

kamar mandi di dalam kamar tidur
Dream Town Realty

kamar mandi di dalam kamar tidur

“Karena ada penggunaan air di situ, pemakaian cenderung tidak kontinu, air lebih banyak. Apalagi sifat (kamar mandi) untuk menyimpan air,” lanjut Zaka.

Kelembapan yang tercipta, terang saja akan membuat kamar mandi lebih rentan berlumut jika kita tidak memerhatikan prosedur perawatan yang ideal.

Belum lagi, kalau kita memilih menggunakan bak air ketimbang shower atau tangki luar ruang sebagai tempat penampungan air.

Jentik nyamuk bisa berkembang liar dan membahayakan kesehatan.

Terkecuali, jika IDEA lovers bersedia rajin menguras.

“(Kamar mandi dalam) akan menyebabkan pengaruh kelembapan yang tinggi di dalam ruangan. Untuk itu, apakah (mau) itu dibiarkan lembap begitu saja, atau ada pengolahan aliran udara, sehingga tetap ada udara yang masuk.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest