Follow Us

Bolehkah Kamar Tidur Ada Toiletnya? Ini 3 Aturan Menurut Feng Shui

Alfa - Kamis, 08 November 2018 | 11:25
Tujuan penataan kamar mandi di dekat kamar tidur adalah agar hawa busuk dari toilet yang mengandung banyak kuman penyakit bisa sejauh mungkin letaknya dari kamar tidur/rumah induk.
smartsrl.net

Tujuan penataan kamar mandi di dekat kamar tidur adalah agar hawa busuk dari toilet yang mengandung banyak kuman penyakit bisa sejauh mungkin letaknya dari kamar tidur/rumah induk.

IDEAonline - Apakah kamar tidur yang menyatu langsung dengan kamar mandi menyalahi aturan Feng Shui?

Untuk menjawab boleh atau tidak dan baik atau buruknya WC di dalam kamar tidur,menurut Mas Dian MRE, ahli Feng Shui, harus dicermati secara bijaksana berdasarkan kondisi di lapangan.

Khususnya, bila dilihat dari desain tata ruang dan besar kecilnya lahan dan bangunan.

Perlu diingat, bahwa Feng Shui sebenarnya adalah ilmu arsitektur ala China yang juga mengenal pergerakan model sesuai selera zaman untuk menciptakan keselarasan, bukan sebagai pengetahuan yang bersifat dogmatis berdasarkan aturan kuno yang kaku.

Baca Juga : Inilah 4 Alasan Secara Feng Shui, Dapur Dijadikan Satu Dengan Ruang Keluarga

Memang dalam banyak ulasan dan penelitian terhadap bangunan kuno yang pernah menggunakan hitungan Feng Shui, mayoritas desain tata ruangnya adalah menempatkan toilet di bagian ujung belakang dan letaknya terpisah dari bangunan induk.

Tujuannya agar hawa busuk dari toilet yang mengandung banyak kuman penyakit bisa sejauh mungkin letaknya dari kamar tidur/rumah induk.

Hal ini memang patut dilakukan karena teknik pembuatan sanitasi tidak secanggih seperti masa sekarang, misalnya saluran kotoran tidak menggunakan teknik lengkung yang diberi genangan air untuk memblokir udara busuk keluar dari lubang kotoran.

Dengan berkembangnya pengetahuan yang diikuti pula dengan pola rancang bangun seperti perkembangan arsitektur zaman sekarang, maka desain Feng Shui juga berkembang mengikuti perubahanan zaman, misalnya saja penjabaran Feng Shui untuk jalan layang atauapartemen.

Baca Juga : Kamar Mandi ala Feng Shui, Ternyata Ini Cara Mendesainnya Lho!

Semua perubahan ini memang bisa dilakukan selama rambu-rambu Feng Shui yang bersifat pokok tidak diabaikan.

Editor : Alfa

Latest