Mau Bisnis Makanan Beku di Rumah?  Yuk Intip Inovasi Terkini Chest Freezer Pembeku Makanan

Sabtu, 07 November 2020 | 18:00
kompas.com

Chest freezer untuk membekukan manakan di rumah dan keperluan wirausaha.

IDEAOnline-Pandemi mengubah banyak hal, termasuk kebiasaan masyarakat dalam menyimpan makanan.

Dengan diterapkannya WFH maupun SFH, banyak waktu dihabiskan di rumah. Sosial distancing juga memaksa masyarakat untuk membatasi aktivitas keluar rumah, termasuk berbelanja.

Berbelanja dengan jumlah yang lebih besar untuk persediaan dalam waktu yang lebih lama banyak dilakukan.

Apalagi, saat ini untuk memanfaatkan kesempatan di rumah yang dominan ini sekaligus menambah penghasilan, banyak orang membuka wirausaha di rumah. Salah satu yang marak adalah, wirausaha penjualan makanan beku.

Inilah yang melatarbelakangi minat pada produk home appliances yang dinamakan chest feerzer atau produk pembeku.

Menggunakan chest freezer, kamu bisa menyimpan kebutuhan bahan makanan dan minuman untuk keperluan rumah tangga sekaligus untuk usaha.

Bedanya dengan Kulkas

Chest freezer dapat menyimpan makanan dan minuman, serta bahan mentah seperti daging dan sayuran dalam waktu yang lebih lama. Jika kulkas hanya bisa untuk menyimpan satu atau dua minggu, chest freezer bisa menyimpan untuk waktu yang lebih lama (sekitar 1-3 bulan).

Selain itu, bedanya dnegan kulkas, chestfreezer, hanya memiliki 1 ruang penyimpanan yang bisa diatur suhunya untuk mendinginkan ataumembekukan.

Chest freezer yang cenderung didesain melebar, memungkinkan bisa membekukan makanan dan minuman dengan kapasitas yang dapat diunggulkan dengan slot-slot penyimpanan yang dimilikinya.

Pintunya dibuka dari atas, dan umumnya berukuran melebar, bukan meninggi.

Baca Juga: Berhemat Listrik dari Pemakaian Kulkas yang Efisien, Ini Caranya!

dok. Artugo

Makanan beku dan chest freezer Artugo dengan tampilan warna atraktif.

Berdasarkan tingkat suhu terendah yang dapat dicapai, chestfreezer masih lebih tinggi darikulkasdengan suhu maksimal pendinginan mencapai -28 derajat celcius.

Untuk konsumsi daya listrik, chest freezer lebih lambat karena jarang dibuka.

Bandingkan dengan kulkas yang sangat mungkin dibuka setiap saat sehingga sebagian udara dingin di dalamnya akan keluar dan menyebabkan suhu kulkas akan naik. Untuk menurunkan kembali suhu di dalam kulkas, diperlukan energi yang besar dan tentunya daya listrik yang besar pula.

Nah, atas latar belakang inilah maka tak heran, di masa pandemi ini, di saat banyak orang ingin lebih efektif dalam berbelanja, lebih lama bisa menyimpan bahan makanan dan minuman, serta tetap ingin berhemat alam penggunaaan listrik, maka produk pembeku yang bisa disebut chest freezer ini banyak diminati.

Namun, sayangnya meningkatnya kebutuhan akan produk pembeku di masa pandemi ini tidak dibarengi oleh peningkatan kualitas.

Karenanya, PT Kreasi Arduo Indonesia, pemasar produk rumah tangga dengan merek Artugo, menciptakan chest freezer inovatif dengan tambahan teknologi untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan produk pembeku yang tidak hanya teruji dalam performa, namun juga kokoh dalam ketahanan produk, sehingga dapat menjamin usia pakai yang lebih lama dengan tetap mempertahankan nilai estetika yang tinggi.

7 Inovasi Produk Pembeku Terkini

Setidaknya ada 7 inovasi dan teknologi poduk yang disematkan pada chest freezer Espiritos del Artugo.

1. Wide range voltage compressor

Satu elemen penting dari pekerjaan pendinginan adalah kompresor, maka chest freezerArtugo ini dilengkapi dengan Wide Range Voltage Compressor yang mampu menjaga kinerja tetap optimal di tengah fluktuasi voltase listrik.

Chest freezer tetap bekerja optimal di tengah kondisi tegangan listrik yang tidak stabil dari 160 hingga 260 Volt, sehingga chestfreezerpun lebih awet.

Teknologi ini menjadi tulang punggung performa Espiritos del Artugo, dengan pemakaian listrik yang lebih efisien, chest freezer menjadi lebih cepat dingin dan bekerja dengan tingkat kebisingan yang sangat rendah.

Baca Juga: Ini Beda Kulkas dan Chest Freezer, Produk Pendingin dan Pembeku Makanan yang Banyak Diperlukan saat Pandemi Covid-19

Kompas.com

Nutrisi makanan beku lebih utuh, kata ahli gizi.

2. Fitur lebih lengkap

Dilengkapi berbagai fitur dan aksesoris, seperti penggunaan refrigerant ramah lingkungan R290 dan R600a yang hemat dalam konsumsi energi dan handal dalam kecepatan proses pendinginan.

Adjustable Thermostat demi mempermudah pengaturan, opsi Double Cool Pack untuk ekstra ketahanan dingin saat mati lampu.

4. Material berkualitas

Pemilihan inner cabinet material Pre-Coated Metal (PCM) yang kuat, anti karat, dan mudah dibersihkan, pintu Vinyl Chloride Monomer (VCM) yang solid.

5. Tambahan aksesori yang fungsional

Menggunakan Inner Glass Door untuk melihat isi freezer setiap saat tanpa khawatir udara dingin keluar, hingga hadirnya basket cantik untuk penataan yang lebih nyaman.

6. Kaya pilihan kapasitas

Ada pilihan The Whale yang berkapasitas super besar 1600 liter sampai Spirit Series yang berkapasitas 100 liter hingga 330 liter. Keberagaman ini membuat kamu mudah memilih sesuai kebutuhanmu

7. Pilihan Warna

Tampilan memikat dengan pilihan warna, adalah satu cara memberi unsur fun pada chest freezer yang selama ini tampil standar dan kurang menarik.

“Mengamati bahwa produk chest freezer yang beredar saat ini memiliki tampilan yang biasa-biasa saja, tidak ada unsur fun-nya, fiturnya juga standar. Ini yang menggerakkan Artugo membuat chest freezer yang tidak saja powerful tapi juga colorful,” ujar Paul Daniel, Product Marketing Manager PT Kreasi Arduo Indonesia.

Selain memberikan sentuhan keindahan, dijelaskan Paul Daniel, 9 warna atraktif pada lini chest freezer terbaru Artugo ini merefleksikan spirit baru dalam karakternya sendiri-sendiri. Pilihan warnanya terdiri dari Glamming Black, Rosy Red, Ruby Red, Stylish Grey, Pure White, Deep Ocean Blue, Sunny Gold, Shiny Silver, dan Moroccan Tosca Green.

Dengan optimisme menjadi brand leader, sebuah terobosan juga telah disiapkan yaitu teknologi 5D Evo Cooling, atau teknologi pendinginan 5 sisi. Teknologi ini akan disematkan pada tipe chest freezer di kelas 400 liter hingga 850 liter, yang siap dipasarkan.

Nah, berbagai inovasi dan teknologi memang bakal akan terus dikembangkan oleh berbagai industri untuk mengakomodasi kebutuhan terkini, lebih-lebih di masa pandemi.

Chest freezer menjadi salah satu peranti yang saat ini dianggap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam penyimpanan dan pembeku makanan yang lebih lama dan kapasitas yang lebih besar.

Peranti pembeku ini bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari sekaligus untuk wirausaha food and beverage dari rumah.

Baca Juga: Limbah Makanan yang Jadi Masalah, Apa Beda Food Loss dan Food Waste?

#Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya