Seperti Apa Dapur Paling Ideal untuk Keluargamu? Ini Langkah Mewujudkannya

Selasa, 13 Juli 2021 | 15:11
Idea.Grid.Id

Desain dapur ideal mengikuti selera dan kebutuhan setiap keluarga.

IDEAOnline-Meski banyak referensi desain tentang dapur, namun idealnya kamu membuatnya sesuai selera dan kebutuhan keluargamu.

Banyaknya referensi, bisa saja tidak pas dengan apa yang dibutuhkan keluargamu.

Jika kamu ingin membuat dapur yang nyaman, baik renovasi atau baru, kebutuhan keluarga di saat ini harus kamu akomodasi.

Nah, sebagai panduannya, Idea Lovers bisa terapkan 6 langkah ini.

1. Untuk berapa orang?

Baca Juga: Siapa Sangka Usai Isoman 14 Hari Pasien Terinfeksi Tak Perlu Lagi Swab, Ini Syaratnya, Tak Usah Takut Diomongin Tetangga!

Baca Juga: Kini Bangun Rumah di Bali, Artis yang Dinikahi Bule Ini Justru Curhat Tak Pernah Dikasih Uang Bulanan: '10 Tahun Kayak Patungan Aja'

Fasilitas di dapur yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang terdiri dari empat orang tentu berbeda dengan keluarga besar 8-10 orang.

Ukuran perangkat memasaknya perlu lebih besar dan jumlah alat makan dan minum juga lebih banyak yang tentunya memerlukan tempat penyimpanan yang lebih besar pula.

Meja untuk sarapan melengkapi dapur mungil untuk pasangan pemilik rumah.

2. Aktivitasnya apa saja?

Baca Juga: Menyesal Baru Tahu, Siapa Sangka Peralatan Masak Kayu Harus Dibersihkan dengan Air Hangat, Bisa Awet Hingga Dua Tahun!

Baca Juga: Posisi Ventilasi yang Ideal pada Empat Ruang Vital di Rumah Tropis

Fungsi utama dapur adalah untuk memasak. Namun, demi efektivitas kerja, cermati kembali apakah ada kegiatan lain yang bisa dilakukan di dapur ini, misalnya menyelesaikan pekerjaan kantor, makan, atau mencuci pakaian.

3. Peranti apa yang dibutuhkan?

Peranti utama yang harus ada di dapur tentu kompor dan cooker hood. Peranti lain akan mengikuti kebutuhan dan kebiasaanmu. Misainya kulkas, microwave, oven, juicer.

Sebuah televisi di dekat meja sarapan mungkin diperlukan untuk menemanimu ketika menikmati hidangan. Atau, sediakan mesin cuci jika kamu ingin sekaligus mencuci pakaian kotor sambil menyelesaikan masakan.

4. Butuh tempat seperti apa?

Peranti kerja dan aktivitas tersebut di atas tentunya memerlukan tempat. Perhitungkan posisinya agar peranti kerja tersebut mengalir sesuai alur kerjanya.

Misalnya mesin cuci, pikirkan sejak awal, apakah akan disembunyikan di dalam kabinet atau di luar saja.

idealhome.co.uk

Perbanyak refrensi model akan membantu menemukan dapur ideal keluarga.

5. Perbanyak referensi model

Baca Juga: Seperti Apa Dapur Paling Ideal untuk Keluargamu? Ini Langkah Mewujudkannya

Baca Juga: Hidup Praktis di Ruang Terbatas, Ini Tips Memilih Mesin Cuci untuk Apartemen

Mencari referensi model dapur dari pameran, majalah, dan internet akan memperkaya wawasan kamu tentang dapur yang cocok.

Walau akhirnya nanti akan dibantu oleh kontraktor, namun tak ada salahnya kamu membuat sketsa sendiri secara kasar, meliputi bentuk dan posisi seperti apa yang dikehendaki sesuai kondisi ruang dan kebiasaan kamu.

6. Ikut rekomendasi keluarga atau teman.

Jika akhirnya kamu memilih dibantu oleh kontraktor, jangan segan menanyakan proyek-proyek yang telah diselesaikan.

Biasanya mereka dengan senang hati akan menyajikan presentasi. Atau, tak ada salahnya memilih kontraktor yang direkomendasikan oleh kerabat atau teman jika mereka menyatakan puas atas hasil kerjanya.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya