Tak Hanya Lurus, Berikut 5 Macam Pola Lantai Kayu yang Bikin Hunian Makin Menarik

Rabu, 01 Juni 2022 | 13:53
Pinterest

Pola Chevron

IDEAonline -Kayu menjadi material yang mendominasi elemen-elemen pada bangunan rumah. Itu karena kayu memiliki banyak kelebihan. Kelebihan kayu dapat dtemukan sesuai dengan jenis kayu yang dipilih

Kelebihan pertama dari penggunaan lantai kayu adalah sebagai peredam suhu panas yang berlebihan pada ruangan.

Tidak hanya dapat meredam suhu panas, lantai kayu juga dapat meredam suhu dingin yang ada di dalam ruangan. Sehingga ruangan yang menggunakan lantai kayu memiliki suhu yang lebih stabil.

Baca Juga: Bingung Memilih Pola Lantai Kayu yang Tepat? Simak Penjelasan Berikut!

Tak hanya itu, lantai kayu terbuat dari bahan alami. Sehingga tidak membahayakan kesehatan para penghuni rumah.

Selain itu juga kepadatan kayu tergolong tidak terlalu padat seperti pada lantai keramik dan lainnya.

Tekstur kayu yang halus dan ringan dapat mengurangi risiko cedera. Ketika tubuh terjatuh dan membentur lantai ini. Sehingga sangat tepat digunakan untuk rumah yang ditinggali anak-anak.

Baca Juga:Jangan Asal Bangun, Tetangga Sekitar Juga Harus Dilibatkan Saat Proses Membangun Rumah, Ini Sebabnya!

Baca Juga:Berhasil Menjadi Musisi Papan Atas, Intip Studio Musik Pribadi Melly Goeslaw yang Lengkap dengan Perlengkapan Musik Canggih!

Macam Pola lantai kayu

Jika IDEA Lovers mempertimbangkan untuk menggunakan lantai kayu untuk rumah IDEA Lovers, jangan meremehkan kekuatan visual dramatis dari pola lantai yang tepat.

Pola dekoratif mulai muncul di rumah-rumah Amerika pada 1980-an, meskipun sebagian besar desain telah ada lebih lama.

Bangsa Romawi Kuno, misalnya, lebih menyukai polaherringboneuntuk stabilitas mereka, sementara lantai berpolachevrondigunakan secara luas di Istana Versailles dan menjadi favorit di kalangan bangsawan Eropa.

Saat ini, ada banyak pola lantai yang perlu dipertimbangkan, masing-masing dengan manfaat dan daya tariknya sendiri. Berikut beberapa di antaranya!

Pola Lurus

Wooderra

Pola lurus

Baca Juga:Barang Malah Makin Menumpuk, Rumah Makin Sempit, Ternyata Ini yang Bisa Dilakukan untuk Menyetop Kebiasaan Konsumtif!

Baca Juga:Bingung Saat Menentukan Takaran Air pada Cat? Tak Susah, Ini Caranya

Pola lantai yang lurus terdiri dari papan kayu yang diletakkan sejajar satu sama lain dalam garis lurus.

Lantai berpola lurus adalah pilihan tepat untuk rumah denganopen floor plandan ruangan persegi panjang, dan membuat sebagian besar ruangan terlihat lebih besar.

Pola lurus yang mengikuti dinding panjang membuat ruang terlihat lebih panjang, sedangkan mengikuti dinding pendek dapat membuat ruang tampak lebih luas.

Pastikan bahwa sambungan antar papan dibuat terhuyung-huyung dalam interval acak, dan hindari membuat pola "tangga" atau "H" dengan sambungan, karena ini menarik perhatian ke sambungan dan mengalihkan perhatian dari keindahan alami kayu.

Pola Diagonal

Baca Juga:Bagaimana Cara Meracik Garam untuk Membasmi Rumput Liar? Ini Langkahnya

Baca Juga:Tak Susah Mencegah Paparan Racun dari Pembersih Rumah, 5 Hal Ini Kuncinya!

Floor Coverings International

Pola diagonal

Pola lantai diagonal mirip dengan pola lurus, hanya saja papannya tidak sejajar dengan dinding, melainkan diletakkan miring.

Sudut 45 derajat adalah yang paling umum, tetapi IDEA Lovers juga dapat menggunakan sudut yang berbeda untuk menciptakan tampilan yang unik.

Lantai diagonal umumnya membuat ruang tampak lebih besar, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk hasil akhir yang gelap.

Mereka adalah pilihan yang sangat baik untuk kamar non-persegi panjang, atau kamar dengan dinding yang tidak lurus sempurna.

PolaChevron

Uipkes Wood Flooring

Pola chevron

Dalam pola ini, papan ditempatkan pada sudut 90 derajat satu sama lain, dan sambungannya disatukan untuk membuat bentuk V.

Pola lantaichevronmenciptakan efek visual yang mencolok yang membangkitkan kesan mewah, kontemporer, dan secara fungsional sangat kokoh.

Polachevrondapat diletakkan sejajar atau diagonal ke dinding, tetapi meletakkannya secara diagonal dapat membuat ruangan tampak lebih besar.

PolaHerringbone

Floor to Ceiling SG

Pola herringbone

Baca Juga:Hati-hati Bisa Kehilangan Penglihatan, Ini Alasan Jangan Gunakan Ponsel di Ruangan Gelap

Baca Juga:Menyesal Baru Tahu, Siapa Sangka 4 Warna Cat Rumah Ini Efektif Meningkatkan Suasana Hati

Seperti lantaichevron, papan lantai dengan polaherringboneditempatkan pada sudut 90 derajat; tetapi, posisinya tumpang tindih, bukannya dipasangkan.

Herringboneadalah pola dengan banyak esensi visual, tetapi lebih praktis dan tidak se-dramatis garis kuat polachevron.

Pola lantaiherringbonedapat diletakkan secara diagonal atau sejajar dengan dinding. Dari sudut pandang fungsional, ini adalah desain lantai terkuat dan paling tahan lama.

Pola ini indah ketika dimanfaatkan di ruang terbuka, meskipun polanya bisa membanjiri ruangan yang cenderung kecil.

Pola Parket

The Spruce

Pola parket

Baca Juga:Tak Susah, Begini Manfaatkan Sudut Mungil di Kamar Menjadi Ruang Baca!

Baca Juga:Hati-hati Saat Membeli Rumah Sengketa, Ketahui Penyebabnya Dahulu

"Parket" berasal dari kata Perancis untuk "kompartemen." Pola parket biasanya melibatkan potongan-potongan kecil kayu yang disatukan seperti ubin.

Mereka dapat menggunakan desain geometris, seperti pola anyaman keranjang, atau lebih acak atau kesan artistik.

Jenis pemasangan lantai ini sangat unik dan menciptakan pernyataan visual yang kuat, meskipun tenaga kerjanya cenderung lebih mahal.

(Sesilia Alexandra/IDEA)

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya