Pantas Masih Kegerahan Pas Sampai Rumah, Ternyata Cahaya Matahari Belum Terblokir dengan Benar, Coba Gunakan Benda Ini Auto Adem!

Senin, 28 November 2022 | 13:13
Lokasi: Kediaman Suratman-Endang, Pondok Gede

Ingin Memblokir Cahaya Matahari di Rumah? Cobain Kisi-kisi Penahan Seperti Ini

IDEAonline –IDEA lovers pasti tahu jika kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari bisa memberi dampak yang buruk bagi kulit wajah.

Untuk jangka pendeknya, efek buruk yang bisa dirasakan adalah kulit menjadi memerah, kering, belang, mengelupas, dan terasa perih.

Sementara untuk jangka panjangnya bisa menyebabkan proses penuaan dini yang mengarah pada kerutan, flek, bahkan yang lebih parah adalah kanker kulit.

Sinar matahari sendiri terbagi beberapa jenis, yang paling dikenal adalah sinar UVA dan UVB.

Sinar UVA mampu merusak kulit dengan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini muncul. Sementara sinar UVB memicu sensasi perih terbakar, menciptakan efek belang sekaligus gelap di kulit, dan efek panjangnya bisa memicu terjadinya kanker kulit.

Apalagi jika hal ini terasa bahkan saat berada di rumah.

Baca Juga: Hati-hati Risiko Kanker Kulit Hingga Penuaan Dini, Ini Cara Efektif Hindari Terpaan Sinar Matahari Secara Langsung, Enggak Takut Gerah Pas di Rumah

Baca Juga: Faktanya 6 Manfaat Ini Didapat dengan Berjemur yang Benar, Salah Satunya Jangan Pakai Kaca Mata!

Cara Mengatasi Rumah Panas dengan Kisi-kisi

Melansir tabloid rumah edisi 81, umumnya rumah yang panas bisa di halau dengan kisi-kisi. Apa alasannya?

Jika teritisan sebagai perlindunganterhadap terikmatahari—serta tampias air hujan—bentuknya cenderunghorizontal, maka ada sebuah elemen bangunan yangfungsinya kurang lebih sama, tetapi bentuknya vertikal. Elemen ini disebut sebagai sunscreen alias penahan sinarmatahari.

Karena umumnyasunscreenberbentuk seperti susunan sirip-sirip, ia juga kerap disebut sebagai kisi-kisi.

Bentuk ini dianggap pas untuk penahanpanas, karena celah-celahnya tidakmenghalangi aliran udara ke arah rumah.

Kisi-kisi juga tidak sepenuhnya memblokircahaya matahari, sehingga bidang yangditutupinya tidak menjadi gelap.

Kisi-kisi sejatinya berfungsi mengurangi panas yang ditimbulkan oleh sinar matahari. Jika dipasang di dalam jendela, panas matahari akan tetap menembus masuk ke dalam ruang dan ruang pun menjadi panas.

Jangan Cuma Estetika

Baca Juga: Tolong Mulai Sekarang Jangan Mengisi Daya Ponsel di Ruangan yang Panas, Ternyata Ada Cara Mengecas Hp Agar Terisi Lebih Cepat!

Baca Juga: Mertua Bisa Senyum-senyum, Ternyata Ada Cara Membuat Rumah Dingin Tanpa AC, Tinggal Modal Benda Satu Ini

Bentuk seperti pada gambar di bawah sering ditemui akhir-akhir ini. Biasanya bidang vertikal dari tembok atau beton ini dibuat di antara jendela, dengan alasan melindungi ruang dalamrumah dari ganasnya sinar matahari.

dok. images.adsttc.com
dok. images.adsttc.com

Kisi-kisi penahan panas.

Tetapi bidang seperti ini sebenarnya tidak berfungsi sebagai penahan sinar matahari (sunscreen), tetapi lebih untuk estetika bangunan.

Sinar matahari yang dianggap tidak baik bagi manusia adalah pada lewat pukul 9.00 pagi. Pada rentang waktu dari pukul 9.00 ke atas, matahari justru sedang berada di puncak sehingga membuat sinar—yang juga membawa panas—masih bisa masuk melalui jendela.

Jadi tidak peduli ke mana pun bidang penghalang itu menghadap, saat itu sudut penyinaran matahari masih bisa mencapai jendela.

Ada juga yang mengatakan bahwa bidang ini untuk mengarahkan aliran udara agar masuk ke dalam rumah.

Padahal, di daerah yang pada bangunannya, arah angin sudah tidak bisa ditentukan lagi, sehingga fungsi bidang ini pun menjadi percuma.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya