Follow Us

Pilih Panel Pabrikasi dengan 5 Langkah Cermat (1)

Devi F. Yuliwardhani - Minggu, 19 Januari 2014 | 10:00
Pilih Panel Pabrikasi dengan 5 Langkah Cermat 1
Devi F. Yuliwardhani

Pilih Panel Pabrikasi dengan 5 Langkah Cermat 1

Panel pabrikasi merupakan salah satu material yang banyak ditemukan di pasaran. Panel pabrikasi ini berupa bata ringan aerasi, papan semen, baja, dan aluminium komposit.

Selain pemasangan yang lebih cepat, material tersebut lebih tahan lama dan mudah dipasang.

Meski kini tersedia banyak pilihan, tak berarti semua harus digunakan. Pilih panel pabrikasi yang benar-benar sesuai dengan desain fasad yang Anda inginkan.

Jangan lupakan juga spesifikasi material. Agar tak salah, simak dulu apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum merenovasi fasad dengan panel pabrikasi.

Menempatkan Panel

Tentukan letak panel pabrikasi yang akan dipasang. Jika panel akan dipasang pada dinding terluar dari dinding bangunan (cladding), pilih yang berbobot ringan.

Panel akan disangga dengan rangka. Berbeda jika panel akan ditempatkan pada dinding bangunan. Panel biasanya sudah menjadi bagian dari konstruksi bangunan

Karakteristik Fisik

Kenali karakteristik fisik panel pabrikasi yang Anda gunakan. Mulai dari bentuk, warna, elastisitas, hingga bobot material.

Catat juga ukuran material per buah: panjang, lebar hingga tebalnya. Ini sangat membantu untuk membuat perencaan desain dan mengetahui kebutuhan panel.

Perhatikan juga kesesuaian karakteristik material dengan desain yang Anda inginkan. Misal ingin membuat bentuk lengkung, akan lebih mudah menggunakan plat baja dan aluminium komposit dibanding baja hollow.

Foto: Dok. Renovasi/iDEA

Editor : iDEA





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular