Follow Us

Gara-gara Tinggal Setahun di Kapal, Arsitek Muda Ini Bangun Rumah untuk Orang Miskin

iDea Online - Minggu, 31 Maret 2019 | 11:00
Arsitektur muda di Trondheim, Norwegia, Andreas Gjertsen dan Yashar Hanstad merancang dan membangun serangkaian rumah, perpustakaan, dan sebuah pemandian untuk anak yatim di sepanjang perbatasan Thailand-Burma.
(dwell.com)

Arsitektur muda di Trondheim, Norwegia, Andreas Gjertsen dan Yashar Hanstad merancang dan membangun serangkaian rumah, perpustakaan, dan sebuah pemandian untuk anak yatim di sepanjang perbatasan Thailand-Burma.

IDEAonline - Tak banyak yang tahu, pada tahun 2007, dua arsitektur muda di Trondheim, Norwegia, Andreas Gjertsen dan Yashar Hanstad memenangkan kompetisi merenovasi rumah dengan harga di bawah 200 ribu dollar AS atau Rp 2,6 miliar.

Hanstad mengatakan karyanya termotivasi oleh kekecewaan wisatawan yang terpaksa harus tinggal di rumah konvensional gaya Barat.

Padahal, mereka ingin melihat secara langsung budaya yang berbeda dari yang mereka temui setiap hari.

Baca Juga : Cinta Bersemi di Penjara, Dhawiya 'Putri Elvy Sukaesih' Resmi Menikah dengan Bandar Narkoba

"Kami ingin menggunakan pengetahuan kami untuk membuat hal-hal yang memiliki makna," kata Gjertsen.

Hanstad dan Gjertsen pun kemudian melakukan eksperimen, dan observasi. Mereka membeli kapal tua bernama TYIN dan tinggal di atasnya bersama-sama selama satu tahun.

Tak lama, mereka menyadari bahwa yang mereka ingin lakukan adalah membuat arsitektur sesuai kebutuhan dan pragmatis dengan masyarakat.

Baca Juga : Liliana Tanoesoedibjo Hidup Bergelimang Harta, Intip Hunian Miliknya, Siap-siap Bikin Melongo!

Sementara kapal berlabuh di tengah Trondheim, mereka memulai perusahaan TYIN Tegnestue (tegnestue berarti studio menggambar dalam bahasa Norwegia).

Untuk mengumpulkan dana, mereka menjual kaos dan mengadakan konser. Dalam sebuah langkah baru, mereka mulai memanggil semua perusahaan arsitektur di Norwegia, menjelaskan pendekatan mereka dan meminta sumbangan. Usaha mereka pun membuahkan hasil.

"Sungguh mengejutkan betapa mudahnya untuk mendapatkan arsitek yang mau mengerjakan pekerjaan arsitek lain," kata Gjertsen.

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest