Follow Us

Menilik Misteri dan Arsitektur Menara Saidah, Mulai dari Lift dengan Sosok Kasat Mata hingga Basementnya

Maulina Kadiranti - Rabu, 17 Juli 2019 | 18:00
Menara Saidah
dok. tribunnews

Menara Saidah

IDEAonline - Lebih dari satu dekade gedung yang berlokasi di Jl. MT. Haryono ini kosong tak berpenghuni.

Baca Juga: Tak Disangka! Rumah Kumuh Ini Punya Interior Bak Hotel Bintang Lima

Pada tahun 2007 gedung ini resmi ditutup untuk umum karena pondasi gedung tidak tegak berdiri dan miring beberapa derajat serta dianggap membahayakan keselamatan penghuni gedung.

Konstruksinya dianggap bermasalah sejak awal, namun dari pihak pemilik maupun Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) tidak ada yang bersedia memberikan penjelasan.

Menara Saidah

Menara Saidah

Dilansir dari beberapa sumber, Rahmat, salah satu petugas keamanan yang pernah bekerja selama delapan tahun di gedung tersebut menuturkan pada tahun 2007 pemutusan hubungan kerja dilakukan secara sepihak, dan hingga hari ini ratusan karyawan belum memperoleh pesangon.

Karena lokasinya yang strategis banyak penawaran masuk, termasuk dari Universitas Satyagama pada tahun 2011.

Menara Saidah

Menara Saidah

Keterangan yang diberikan oleh salah satu petugas keamanan, Rahmat, pindah tangan pemilik tidak terjadi karena pemilik awal tidak bersedia menunjukkan gambar struktur gedung.

Baca Juga: Mulan Jameela Sering Gunakan Tas Branded dan Pandai Poles Diri, Enggak Sangka Huniannya Dibiarkan Kumuh Tak Terawat

Menara Saidah pada tahun 2012 oleh pemilik kemudian diserahkan dalam pengawasan Polsek Cawang, Jakarta Timur di mana setiap pagi polisi dari Cawang datang, dan menandatangan daftar.

Menara Saidah

Menara Saidah

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest