Follow Us

Terlihat Tangguh Dalam Hadapi Pandemi Corona yang Mendunia, Ternyata Banyak Wilayah di Korea Utara yang Terputus dari Dunia Luar, 'Memotong' Daerah yang Terinfeksi’

IDEAonline - Sabtu, 11 April 2020 | 13:00
(Ilustrasi) Pertanian Korea Utara
Tribunnews.com

(Ilustrasi) Pertanian Korea Utara

IDEAonline -Korea Utara menjadi satu dari sedikit negara yang hingga kini masih belum mengonfirmasi kasus positif Covid-19.

Sebelumnya, ada sebanyak 18 negara yang masuk dalam daftar 'nol kasus' Covid-19. Namun, per Jumat (10/4/2020) siang, 3 negara lain melaporkan adanya infeksi virus corona, dikutip dari data real time John Hopskin University melalui Kompas.com.

Sementara itu, ratusan negara lain 'babak belur' menghadapi pandemi yang telah memakan puluhan ribu nyawa tersebut.

Meski banyak yang meragukan bahwa negara pimpinan Kim Jong Un itu masih 'bebas' virus corona, nyatanya Korea Utara tak goyah.

Baca Juga: Kualitas Udara Buruk Jakarta Menurun Sejak Social Distancing, Ini Kata Peneliti Soal Kota Jakarta yang Tadinya Salah Satu Paling Berpolusi di Dunia

Baca Juga: Gunung Krakatau Trending di Tengah Pandemi COVID-19, Muntahkan Abu Setinggi 500 Meter!

Korea Utara tetap mengklaim bebas dari Covid-19 karena telah berhasil melakukan pencegahan penyebaran penyakit ini secara dramatis.

Klaim tersebut dibuktikan dengan laporan hasil tes yang ditunjukkan setiap minggu, bahwa semua orang yang menjalani tes hasilnya negatif.

Selain itu, menutup rapat semua perbatasan negaranya dan mengkarantina siapa saja yang masuk ke negara tersebut menjadi cara yang dilakukan Korea Utara dalam mencegah Covid-19 menyebar.

Apakah mungkin Korea Utara benar-benar berhasil mengamankan wilayahnya dari 'serangan' pandemi ini?

Andre Lankov, Direktur di NK News, sebuah media berbasis di Amerika yang menyediakan berita dan analisis tentang Korea Utara, menuliskan pendapatnya tentang hal tersebut.

Melansir NK News (9/4/2020), Lankov berujar bahwa seharusnya orang-orang tidak terkejut dengan 'keberhasilan' Korea Utara.

Source : Kompas.com, intisari

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest