Follow Us

Sempat Hidup Terisolasi Selama 8 Tahun Dipenjara, Aktivis Asal Myanmar Ini Bagikan Tips Berharga untuk Bertahan Hidup di Tengah Keterbatasan Jarak!

IDEAonline - Jumat, 17 April 2020 | 11:30
Sempat Hidup Terisolasi Selama 8 Tahun Dipenjara, Aktivis Asal Myanmar Ini Bagikan Tips Berharga untuk Bertahan Hidup di Tengah Keterbatasan Jarak!
grid.id

Sempat Hidup Terisolasi Selama 8 Tahun Dipenjara, Aktivis Asal Myanmar Ini Bagikan Tips Berharga untuk Bertahan Hidup di Tengah Keterbatasan Jarak!

IDEAonline - Sebagai seorang aktivis di bawah pemerintahan militer di Myanmar, Ko Bo Kyi menghabiskan sebagian besar waktunya di tahun 1990-an di penjara, termasuk setahun lebih isolasi sel.

Mantan tahanan politik dan ketua Association for Political Prisoners of Burma (AAPP-B) itu disimpan di sel kecil selama 23 jam 40 menit setiap harinya. Sel itu berukuran 8x12 kaki dengan tikar, mangkuk untuk toilet, dan makanan yang disediakan oleh keluarganya.

Hampir setiap hari, ia tidak diizinkan menggunakan bantal dan melihat manusia lainya.

"Saya tidak diizinkan menggunakan bantal karena itu dianggap mewah. Saya hanya melihat keluarga saya selama 15 menit setiap dua minggu. Hampir setiap hari berlalu tanpa melihat manusia lain. Saya bosan. Saya kesepian. Tapi saya selamat," tulis Ko Bo Kyi di halaman Time (14/04/2020).

Baca Juga: Bak Bulan Madu Setiap Hari, Hunian Milik Mantan Model 90an Ini Jadi Sorotan Warganet, Mirip Villa Mewah!

Baca Juga: Awali Karir Sebagai Penyanyi Cilik, Artis Ini Juga Sempat Kena Bully Karena Miliki Kekasih yang Cantik, Intip Huniannya Sekarang!

Sekarang, karena pandemi COVID-19 banyak orang di seluruh dunia, bahkan mereka yang belum pernah mengalami jeruji besi pemerintahan militer dihadapkan pada karantina diri dengan waktu yang lama.

Lebih dari sepertiga dunia kini berada dalam kondisi karantina wilayah. Pada beberapa tempat tentara berpatroli di jalan-jalan dan jam malam diterapkan untuk menegakkan jaga jarak sosial.

Virus corona tidak mengenal batas negara, juga agama dan ideologi. Hal itu memengaruhi kita semua menurut Ko Bo Kyi.

Tinggal di rumah sendiri tentu berbeda jika dibandingkan dengan di borgol dalam sel tahanan. Kita masih bisa mengakses telepon pintar, media sosial, membeli dan membeli makanan daring. Keadaan ini tentu berbalik dengan Ko Bo Kyi saat itu yang hampir tidak memiliki kontak dengan dunia luar dan tidak diizinkan untuk membaca dan menulis.

Namun, menurutnya masih ada kesamaan. Yakni, kegelisahan karena tidak tahu berapa lama situasi ini akan berlangsung. Setiap hari kita takut dan bertanya-tanya apakah kita akan selamat dari cobaan ini.

"Ketika Anda kehilangan kebebasan, anda merasa takut, putus asa, dan tidak mampu untuk berguna. Anda merasa seolah-olah tidak bisa melindungi keluarga, orang yang Anda cintai atau bahkan diri sendiri. Setelah itu, Anda mungkin kehilangan kepercayaan diri," tutur Ko Bo Kyi.

Source : nationalgeographic.co.id

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest