Follow Us

Ini Alasan Mengapa Penyebaran Virus Corona Sangat Cepat dan Menginfeksi Manusia, Bisakah Virus Menyebar dari Hewan ke Manusia?

Johanna Erly Widyartanti - Rabu, 22 April 2020 | 18:00
Belum ada penelitian yang membuktikan hewan peliharaan dapat terinfeksi virus corona, apalagi menyebarkannya ke manusia.
SHARP Indonesia

Belum ada penelitian yang membuktikan hewan peliharaan dapat terinfeksi virus corona, apalagi menyebarkannya ke manusia.

IDEAOnline-Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dirilis pada Selasa sore, 21/04/2020, total jumlah kasus positif corona di Indonesia saat ini sudah sebanyak 7.135 pasien.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.677 pasien Covid-19 masih dalam perawatan. Sedangkan 842 pasien positif corona lainnya telah dinyatakan sembuh. Angka kesembuhan ini meningkat 92 orang dibanding sehari sebelumnya.

Data Gugus Tugas juga memperlihatkan bahwa jumlah pasien positif corona yang telah meninggal dunia bertambah 26 orang pada hari ini, sehingga totalnya menjadi 616 jiwa.

Sementara kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam sehari terakhir sebanyak 375 orang.

Data ini menunjukkan lonjakan angka kasus baru kembali terjadi setelah ada penurunan drastis pada dua hari sebelumnya.Mengapa virus corona bengitu cepat menyebar dan menginfeksi lebih banyak manusia?

Baca Juga: Merespons Covid-19, Ada Kelonggaran Perpanjangan HGU dan HGB Jatuh Tempo Sampai Akhir Tahun, Siapa Saja yang Berhak?

Salah satu pasien sembuh dari corona dan keluar dari ruang Isolasi.
Tangkap layar Miaopai Video

Salah satu pasien sembuh dari corona dan keluar dari ruang Isolasi.

Ditulis oleh Gloria Setyvani Putri di laman Kompas.com, alasan pertanyaan di atas adalah sebagai berikut.

Menurut hasil penelitian studi terbaru, protein yang terkandung dalam virus corona SARS-CoV-2 memiliki "daerah khusus" atau ridge yang lebih padat.

Hal ini membuatnya lebih mudah menempel pada sel manusia dibanding virus corona jenis lainnya.

Saat virus mudah menempel ke sel manusia, ini memungkinkan virus corona SARS-CoV-2 memiliki kemampuan menginfeksi dengan lebih baik dan mampu menyebar lebih cepat.

Dikabarkan Live Science, Sabtu (4/4/2020), virus corona baru SARS-CoV-2 menempel pada sel manusia melalui apa yang disebut spike protein.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest