Follow Us

Belum Selesai Pandemi Covid 19, Warganet Panik Soal Potensi Gempa Megathrust dan Tsunami di Pulau Jawa, Ini Penjelasannya!

IDEAonline - Senin, 28 September 2020 | 13:00
Dilaporkan Pulau Jawa bagian selatan akan dilanda gempa megathrust.
Wikipedia

Dilaporkan Pulau Jawa bagian selatan akan dilanda gempa megathrust.

IDEAonline - Saat ini, baik pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah, tengah berjuang memerangi pandemi virus corona (Covid-19).

Belum selesai masalah virus ini, dilaporkan Pulau Jawa bagian selatan akan dilanda gempa megathrust.

Tentu saja warga yang tinggal di daerah pantai bagian selatan langsung panik.

Nah, benarkah permasalahan potensi gempa megathrust ini?

Baru-baru ini, peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) merilis hasil riset tentang adanya potensi tsunami di selatan Jawa dengan ketinggian mencapai 20 meter yang terbit di jurnal Nature Scientific Report.

Baca Juga: Tinggal di Hunian Berisi 'Gunungan Emas' Senilai Rp525 Triliun, Pejabat Asal China Ini Ketahuan Korupsi Selama Bertahun-tahun, Begini Isi Rumahnya!

Baca Juga: Bisa Gantikan Hand Sanitizer, Ternyata Bahan-bahan yang Ada di Rumah ini Tergolong Ampuh Cegah Virus Covid-19!

Informasi tersebut pun menimbulkan kekhawatiran dan kepanikan masyarakat.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono menegaskan, gaduh akibat potensi gempa megathrust dan tsunami selalu muncul setiap para ahli mengemukakan pandangan mengenai potensi gempa dan tsunami.

Padahal perlu diingat, hingga saat ini, tidak ada teknologi apa pun yang bisa memastikan kapan dan di mana gempa besar maupun tsunami terjadi.

Bukan hal baru

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), informasi potensi gempa megathrust sudah sering muncul dan terus berulang sejak peristiwa tsunami Aceh di tahun 2004 silam.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest