Follow Us

WHO Khawatir "Amnesia" Covid-19 Picu Pandemi Lain, Apa Maksudnya?

Kontributor 01 - Rabu, 02 Desember 2020 | 19:00
Ilustrasi virus corona penyebab covid-19.
Kompas.com

Ilustrasi virus corona penyebab covid-19.

IDEAOnline-Pakar darurat utama Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) mengatakan pada hari Senin (30/11/2020), dunia berisiko terkena pandemi di masa depan jika "amnesia" dan tidak belajar dari krisis Covid-19 saat ini.

"Saya telah melihat amnesia yang tampaknya dialami dunia setelah peristiwa traumatis, dan itu bisa dimengerti," kata Mike Ryan dalam media briefing di Jenewa.

“Tapi jika kita melakukan ini lagi seperti yang kita lakukan setelah SARS, seperti yang kita lakukan setelah H5N1, seperti yang kita lakukan setelah pandemi H1N1, jika kita terus mengabaikan kenyataan tentang apa yang muncul dan mengabaikan patogen berbahaya, maka kita cenderung mengalami hal yang sama atau lebih buruk lagi di masa depan,” katanya seperti dilansir Reuters, Selasa (1/12/2020).

Pencarian Vaksin Masih Berlanjut Ryan juga mengecam negara-negara maju.

Pihaknya mengatakan bahwa negara-negara utara telah menjalankan sistem perawatan kesehatan seperti maskapai penerbangan berbiaya rendah.

Dunia pun sekarang membayar kerugiannya.

"Di utara, karena model biaya untuk sistem kesehatan, kami telah merancang sistem kesehatan kami untuk diberikan pada 95 persen, 98 persen, dengan efisiensi 100 persen. Ini hampir seperti model maskapai penerbangan berbiaya rendah untuk pemberian layanan kesehatan," katanya.

Baca Juga: Virus SARS-CoV-2 Menginfeksi Sel-sel Mulut, Penyebab Hilangnya Perasa

Ilustrasi - Mutasi virus corona.
Kompas.com

Ilustrasi - Mutasi virus corona.

"Nah, kami membayar harga untuk itu sekarang, tidak memiliki kapasitas lonjakan ekstra yang dibangun ke dalam sistem - melihat kesehatan sebagai pusat biaya dalam ekonomi kita, melihat kesehatan sebagai penguras pembangunan, sebagai penyeret kemunduran ekonomi, dan kami perlu membahas kembali apa artinya itu." Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus juga mendesak negara-negara untuk tidak mempolitisasi perburuan asal-usul virus corona baru SARS-COV-2.

Dia mengatakan, jika itu dilakukan maka hanya akan menciptakan hambatan untuk mempelajari kebenaran.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Latest