Follow Us

4 Hal Penting Diketahui Terkait Varian Baru Covid-19 Inggris, Karakter hingga Vaksin

Kontributor 01 - Rabu, 30 Desember 2020 | 13:30
Ilustrasi mutasi virus SARS-CoV-2.
Kompas.com

Ilustrasi mutasi virus SARS-CoV-2.

IDEAOnline-Laporan dari Inggris dan Afrika Selatan tentang varian atau jenis virus corona baru tampaknya sudah menyebar luas dan menimbulkan pertanyaan.

Namun, para ahli virus mengatakan, sejauh ini tidak jelas apakah varian baru Covid-19 ini dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah atau tidak.

Virus secara alami berevolusi. Ini salah satu alasan kenapa kita butuh melakukan vaksinasi flu setiap tahun.

Varian baru atau strain baru dari virus SARS-CoV-2 terus muncul sejak pertama kali terdeteksi di China hampir setahun lalu.

Pada hari Sabtu (19/12/2020), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan pembatasan baru karena munculnya varian baru ini.

Beberapa negara Uni Eropa dan Kanada melarang atau membatasi beberapa penerbangan dari Inggris untuk mencegah penyebaran virus.

Melansir AP News, Senin (21/12/2020), setidaknya ada 4 pertanyaan yang sering muncul terkait varian baru Covid-19 dari Inggris.

1. Bagaimana karakteristik strain baru yang ditemukan di Inggris?

Pakar kesehatan di Inggris dan AS mengatakan jenis itu tampaknya lebih mudah menginfeksi daripada yang lain, tetapi belum ada bukti yang menunjukkan bahwa varian ini lebih mematikan.

Patrick Vallance, kepala penasihat ilmiah pemerintah Inggris, mengatakan bahwa virus tersebut bergerak cepat dan menjadi varian yang dominan.

"(Varian ini) menyebabkan lebih dari 60 persen infeksi Covid-19 di London selama Desember," kata Vallance dilansir AP News.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest