Follow Us

Bisa Saja Muncul di Indonesia, Kenali Varian Baru Virus Corona di 4 Negara Ini

Kontributor 01 - Selasa, 02 Februari 2021 | 17:23
Ilustrasi virus corona di dunia.
Shutterstock/Ridersuperone

Ilustrasi virus corona di dunia.

IDEAOnline-Sejak varian baru virus corona di Inggris muncul, beberapa mutasi SARS-CoV-2 bermunculan di sejumlah negara.

Disampaikan oleh Dosen dan Peneliti Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati di Institut Teknologi Bandung (ITB), Husna Nugrahapraja PhD, varian baru virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, juga bisa muncul di negara Indonesia.

Dijelaskan Husna, kemungkinan atau potensi munculnya varian baru di Indonesia ini sangat bisa terjadi karena sifat mutasi yang alamiah terjadi pada makhluk hidup seperti virus tersebut.

Untuk diketahui, mutasi adalah proses yang terjadi. Dalam hal ini, mutasi virus SARS-CoV-2 adalah proses perubahan informasi genetika.

"Kalau di suatu daerah, virus ini bertahan terus menerus, mutasi akan terus terjadi dan bisa semakin banyak," kata Husna kepada Kompas.com, Senin (11/1/2021).

Ditegaskan Husna, jika mutasi itu terjadi semakin banyak dan semakin lama, tetapi tidak kunjung bisa dikendalikan, maka varian virus SARS-CoV-2 bisa berubah menjadi barang lain (varian baru) yang lebih sulit dikendalikan, seperti HIV yang sampai saat ini belum terselesaikan masalahnya.

Sehingga, menurut Husna yang juga merupakan Ketua Forum Peneliti Muda Indonesia (ForMIND), mutasi dan varian baru dari virus SARS-CoV-2 tidak hanya bisa terjadi di luar negeri.

"Betul sekali, sangat mungkin terjadi dan bisa bercampur produk variannya, jika genomik surveilansnya di Indonesia tidak segera dilakukan, karena mobilitas orang di dunia yang borderless ini dapat menyebabkan virus menyebar lebih cepat," tegasnya.

Baca Juga: Inovasi di Tengah Pandemi, Lampu Meja Disinfeksi UV-C Ini Bebaskan Rumah dari Virus Berbahaya

Ilustrasi vaksin Covid-19.
Kompas.com

Ilustrasi vaksin Covid-19.

Dikutip dari CNN, Senin (1/2/2021), Saat ini telah diketahui, terdapat empat varian baru virus corona yang sangat mengkhawatirkan yang muncul saat ini di sejumlah negara di dunia.

1 2 3 ... 5

Source : kompas

Editor : iDEA

Latest