Follow Us

Agar Tak Menularkan Virus, Ini Cara Benar Membuang Masker Sekali Pakai

Kontributor 01 - Kamis, 25 Februari 2021 | 14:45
Ilustrasi limbah masker berpotensi tularkan penyakit.
kompas.com

Ilustrasi limbah masker berpotensi tularkan penyakit.

IDEAOnline-Angka kasus positif Covid-19 yang terus meningkat, menyebabkan limbah medis seperti masker juga ikut meningkat.

Bahaya dari limbah medis ini bukan hanya berdampak pada lingkungan, tapi juga berpotensi menyebarkan virus.

Seperti yang kita ketahui, penyebaran virus corona melalui droplet orang yang terinfeksi.

Bukan hanya saat kita berbicara dengan orang terinfeksi, tapi droplet yang menempel di pemukaan suatu benda juga bisa menjadi media penularan.

"Jika kita menyentuh permukaan benda dan tangan menempel pada hidung, mata atau mulut, virus corona akan menempel pada permukaan saluran pernapasan kita melalui interaksi protein spike yang berinteraksi dengan reseptor ACE 2 yang ada di pernapasan," ungkap Dr. Ratih Asmananingrum, Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Hal tersebut disampaikan dr Ratih dalam webinar yang bertajuk 'Pengelolaan limbah masker di masa pandemi covid 19 jangan buang maskermu', Selasa (16/2/2021).

Menurutnya, begitu virus corona masuk ke tubuh, maka akan segera membajak sel dan akan memperbanyak diri.

Saat itulah individu bisa terinfeksi.

Baca Juga: Tetap Jaga Jarak Meski sudah Pakai Masker, Seberapa Jauh Idealnya?

Para ahli konservasi menemukan bahwa masker menambah limbah plastik tingkat tinggi yang mengkhawatirkan di perairan Hongkong.
kompas.com

Para ahli konservasi menemukan bahwa masker menambah limbah plastik tingkat tinggi yang mengkhawatirkan di perairan Hongkong.

Meski Kemenkes RI telah merekomendasikan penggunaan masker kain atau masker reusable, masih banyak masyarakat yang memilih menggunakan masker bedah sekali pakai.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest