Follow Us

Serupa tapi Tak Sama, Kondotel dan Apartemen Servis, Apa Perbedaannya?

Johanna Erly Widyartanti - Sabtu, 06 Maret 2021 | 11:00
Ilustrasi kondotel.
lamudi

Ilustrasi kondotel.

IDEAOnline-Meski sama-sama memiliki layanan hotel, namun kondotel (condominium hotel) dan apartemen servis tidaklah sama.

Keduanya kian marak dibangun tak hanya di Jakarta, juga kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Padatnya kota-kota besar, khususnya Jakarta seakan tidak menyisahkan tempat lagi untuk melakukan kegiatan bisnis dan kenikmatan berlibur. Kebutuhan akan dua hal ini, dengan pintar dicermati beberapa pengembang.

Dikutip dari Apartemen Guide, keduanya menurut Arief Rahadjo, Senior Associate Director Research & Advisory, Cushman & Wakefield Indonesia, merupakan hunian sewa yang mempunyai target market short stay.

1. Lamanya Tinggal

Meski sama-sama short stay, namun waktu tinggal tamu kondotel biasanya lebih singkat daripada tamu (penghuni) apartemen servis.

Jika tamu tamu kondotel paling lama menginap hanya satu mingguan saja, penghuni apartemen servis bisa tinggal minimal 1 bulan bahkan lebih.

Tidak menutup kemungkinan ada yang menyewa harian, tapi ini sangat jarang.

2. Lokasi

Berbicara lokasi, apartemen servis dan kondotel dan berbeda dibangun di lokasi yang sedikit berbeda.

Apartemen servis yang biasanya menyasar kalangan profesional dan ekspatriat, biasanya banyak dibangun pada kawasan komersial dengan banyak perkantoran yang telah menjadi pusat bisnis dan membutuhkan fasilitas-fasilitas tersebut untuk menunjang kegiatan bisnis.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest