Follow Us

Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Sudah Ditemukan di Indonesia, Efektifkah Lansia Gunakan Vaksin yang Terlanjur Beredar?

IDEAonline - Jumat, 12 Maret 2021 | 07:00
Kemunculan varian baru virus Covid-19 menjadi tanda tanya besar dalam keefektifan vaksin yang terlanjur beredar, terutama bagi lansia.
Freepik

Kemunculan varian baru virus Covid-19 menjadi tanda tanya besar dalam keefektifan vaksin yang terlanjur beredar, terutama bagi lansia.

IDEAonline – Covid-19 dapat menyerang segala usia, terutama warga lanjut usia (lansia), dikarenakan sistem imun mereka yang semakin menurun.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa berusia di atas 60 tahun, terutama mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid lebih mungkin mengalami infeksi virus corona yang lebih parah, bahkan mematikan dibandingkan kelompok usia lainnya.

Hal itu diperparah karena kini, virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 diketahui telah bermutasi dalam beberapa varian baru, salah satunya varian B.1.1.7.

Varian ini dikenal lebih cepat dan ganas, serta telah ada di Indonesia.

Baca Juga: Kotak Disinfeksi UV-C, Cara Praktis dan Efektif Sterilkan Benda Sehari-hari dari Virus, Bakteri, dan Jamur

Baca Juga: Bersama Nadine Chandrawinata dan Ramon Y. Tungka, Sharp Greenerator Ajak Gen Z Lakukan Aksi Nyata Pelestarian Alam

Lantas, bagaimana dengan vaksin yang sedang berjalan didistribusikan kepada masyarakat?

Khususnya bagi lansia yang menjadi kelompok paling rentang, haruskah mendapatkan vaksin jenis lain?

Permasalahan ini dijawab oleh Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI, FINASIM, Ketua Tim Advokasi Vaksinasi COVID-19 PB IDI.

“Memang varian baru sudah ada di Indonesia, varian ini dikenal lebih cepat menular dan lebih ganas. Sehingga kalau kita tidak punya kekebalan yang baik, gampang sekali tertular,” Ujar Prof. Iris dalam acara virtual Entrasol Kupas Tuntas Vaksin COVID-19 & Nutrisi untuk Lansia yang Grid.ID ikuti, Minggu (7/3/2021).

Menurutnya, vaksin yang saat ini beredar masih efektif dalam melawan virus corona atau Covid-19.

Source : Grid.ID

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest