Follow Us

Ingin Tidur Lebih Berkualitas? Lakukan Ini untuk Buat Kamar Tidur Nyaman

Fathia Yasmine - Senin, 29 Maret 2021 | 19:19
Ilusttrasi kamar tidur nyaman
Shutterstock

Ilusttrasi kamar tidur nyaman

Idea-Online.com – Tidur di malam hari adalah aktivitas yang sangat krusial untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas.

Namun sayang, memastikan kualitas dan kecukupan waktu tidur tidaklah mudah, terlebih semenjak masa pandemi Covid-19. Terkadang, meski tubuh sudah dibaringkan, beberapa orang kerap kesulitan tertidur.

Akibatnya, bangun pagi terasa kurang segar sehingga produktivitas dan mood pun terganggu. Journal of Applied Social Psychology (2013) menjelaskan bahwa kurang tidur akan menyebabkan kontrol diri dan kemampuan berpikir jernih berkurang.

Selain itu, kurang tidur juga akan mengurangi kemampuan tubuh dalam menghadapi stres dan membuat otak kesulitan untuk berpikir dan mengingat. Guna mengatasi hal tersebut, banyak orang melakukan berbagai cara, termasuk mengonsumsi obat yang dapat mempercepat proses tertidur sebagai solusi.

Baca Juga: Rela Berjualan Wajan Walau Sudah Menjanda 11 Tahun, Artis Cantik Ini Ikhlas Kerja Keras untuk Sambung Hidup, Tapi Masih Terlihat Glamor Ya Bund?

Padahal, bukan tidak mungkin jika obat-obatan justru akan menimbulkan kesulitan baru, mengingat adanya efek samping yang mungkin timbul. Oleh sebab itu, ketimbang mengonsumsi obat, ada baiknya Anda mencoba beberapa cara sederhana yang mungkin bisa meredakan keluhan ini.

Anda sebaiknya membuat jadwal tidur rutin agar tubuh terbiasa tidur di jam-jam tertentu. Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan berat atau minuman bersoda sebelum tidur agar tubuh terhindar dari rasa penuh atau kembung.

Selain itu, cara sederhana lainnya adalah membuat suasana kamar tidur menjadi lebih nyaman sehingga tubuh bisa cepat rileks dan mudah mengantuk. Berikut tips yang bisa Anda coba agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Rutin membersihkan kamar

Terkadang beberapa orang menggunakan kamar tidur sebagai tempat melakukan hampir semua aktivitas. Apalagi di era work from home seperti saat ini.

Baca Juga: Engga Suka Dicap OKB, Ternyata Artis Ini Justru Pernah Keluarkan Hampir Rp 100 Juta Hanya untuk Biaya Listrik, ‘Sekarang 60 Jutaan!’

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya

Latest