Follow Us

Wajah Baru Masjid Istiqlal sambut Idul Fitri dengan LED Terkoneksi dari Signify

Johanna Erly Widyartanti - Sabtu, 08 Mei 2021 | 06:30
Kubah Istiqlal merepresentasikan bulan purnama dan fenomena super-blue blood moon.
Signify

Kubah Istiqlal merepresentasikan bulan purnama dan fenomena super-blue blood moon.

IDEAOnline-Sambut Idul Fitri, Masjid Istiqlal terlihat semakin indah dan megah. Pencahayaan baru Masjid Agung Istiqlal telah membuatnya bersinar terang.

Signify telah mengambil bagian dalam proyek ambisius renovasi masjid nasional Indonesia, yang merupakan renovasi pertama untuk masjid tersebut sejak dibangun tahun 1978. Pemimpin dunia di bidang pencahayaan ini, memberikan pencahayaan LED terkoneksi pada pencahayaan arsitektural, lanskap, serta pencahayaan dalam dan luar ruang.

Sebanyak 3.375 lampu dipasang pada fasad utama masjid, kubah utama dan kubah kecil, fasad menara, koridor, dan ruang aula salat utama.

Baca Juga: Tiba-tiba Kehilangan Kemampuan Bicara, Salah Satu Tanda Serangan Covid-19 Gelombang Kedua, Apa Gejala Lainnya?

Baca Juga: Inovasi Lampu Ramah Lingkungan Cetak 3D, Kurangi Jejak Karbon 75%

Konsep pencahayaan dalam ruangan di aula salat utama memberikan pengalaman unik bagi jamaah, dengan pencahayaan arsitektural dinamis UniStrip G4 RGBW, yang menerangi aula dengan suhu warna berbeda untuk merepresentasikan sinar matahari alami (putih pada siang hari dan kuning menjelang senja).

Pencahayaan eksterior merepresentasikan sinar matahari alami.
Signify

Pencahayaan eksterior merepresentasikan sinar matahari alami.

Pencahayaan ini menciptakan ilusi beribadah di bawah langit terbuka dan mengubah pemandangan mengikuti waktu salat. Hal ini bisa membantu menambah kekhidmatan saat beribadah.

Signify juga memperindah pencahayaan luar ruangan menggunakan portofolio pencahayaan arsitekturalnya yang dinamis, lampu sorot UniFlood M dan UniStrip G4, untuk menerangi fasad dengan suhu warna tertentu untuk merepresentasikan sinar matahari alami.

Pada kubah utama, Signify memasang rangkaian lampu sorot LED eksterior jarak jauh Color Kinetics ReachElite dilengkapi dengan teknologi IntelliHue, yang merupakan pendekatan canggih Color Kinetics untuk memadukan warna, menghasilkan cahaya putih berkualitas tinggi yang cerdas dan sangat akurat, warna pastel lembut, hingga warna yang sepenuhnya tersaturasi dalam sebuah luminer yang dapat dikontrol secara tepat.

Interior Masjid Istiqlal, Jakarta dengan pencahayaan LED terkoneksi Signify.
Signify

Interior Masjid Istiqlal, Jakarta dengan pencahayaan LED terkoneksi Signify.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest