Follow Us

Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu Ini, Kandungan Gizi Jenis-Jenis Beras dan Manfaatnya bagi Kesehatan Keluarga

Johanna Erly Widyartanti - Kamis, 01 Juli 2021 | 14:23
Ilustrasi jenis-jenis beras.
Kompas.com

Ilustrasi jenis-jenis beras.

IDEAOnline-Jika ingin meningkatkan kesehatan keluarga, jenis-jenis beras ini dan nilai gizinya wajib diketahui para ibu.

Indonesia sebagai negara penghasil beras nomor tiga terbesar di dunia memiliki beragam varietas beras. Setiap jenis memiliki perbedaan rasa dan nilai gizi.

Baca Juga: Kini Bisa Ditemukan di Bali dan Lampung, Yello Hotel Perluas Jaringan di Indonesia!

Baca Juga: Green Kitchen dan Tips Memasak Ala Chef Spesialis Makanan Sehat

Selain beras putih, saat ini dikenal beras hitam, beras merah, beras pink, dan beras cokelat. Lapisan aleuron atau kulit terluar beraslah yang menentukan warnanya.

Di antara semua jenis ini, beras putih lebih banyak disukai masayarakat khususnya Indonesia.

Jenis beras tersebut berasal dari padi yang telah digiling untuk menghilangkan kulit, dedak, dan kuman. putih diklaim memiliki rasa yang lebih enak daripada jenis beras lainnya.

Proses tersebut membuat beras putih mengandung nutrisi dan berbagai senyawa bermanfaat yang lebih sedikit dibandingkan jenis beras lainnya.

Akibatnya, beras putih mengandung lebih sedikit serat, protein, antioksidan, dan vitamin dan mineral daripada jenis beras lainnya.

Selain itu, beras putih juga mengandung gula yang lebih tinggi dari pada beras merah sehingga memiliki rasa yang dianggap lebih nikmat daripada beras merah.

Ilustrasi beras hitam
Kompas.com

Ilustrasi beras hitam

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest