Follow Us

Siapa Sangka Usai Isoman 14 Hari Pasien Terinfeksi Tak Perlu Lagi Swab, Ini Syaratnya, Tak Usah Takut Diomongin Tetangga!

Maulina Kadiranti - Selasa, 13 Juli 2021 | 14:15
Pakai masker dengan benar agar dapat mencegah penularan Covid-19 saat isoman.
Kompas.com

Pakai masker dengan benar agar dapat mencegah penularan Covid-19 saat isoman.

IDEAonline - Isolasi mandiri biasanya diberlakukan bagi pasien yang terinfeksi Covid-19, tetapi tidak bergejala sama sekali atau hanya bergejala ringan seperti batuk, pilek dan sakit tenggorokan.

Tak hanya itu saat Isolasi mandiri, pasien diharapkan memiliki ruang isolasi yang baik yaitu memiliki ventilasi dan aliran udara yang baik. Jika ada jendela di kamar, individu tersebut bisa membukanya untuk berjemur.

Baca Juga: Kini Bangun Rumah di Bali, Artis yang Dinikahi Bule Ini Justru Curhat Tak Pernah Dikasih Uang Bulanan: '10 Tahun Kayak Patungan Aja'

Baca Juga: Catat Ibu-ibu, Kini Tak Perlu Lagi Susah-susah Karena Sudah Bisa Secara Online, Begini Cara Daftar Vaksin Covid-19

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan masa isolasi mandiri harus dimanfaatkan untuk pemulihan, mengonsumsi obat secara teratur, makan dan minum yang bergizi, hingga istirahat cukup.

Jika kadar oksigen baik, individu tersebut bisa berolahraga di dalam ruangan atau beranda jika ada.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa seseorang yang melakukan isolasi mandiri artinya ia mampu merawat dirinya dengan baik.

"Artinya mampu makan sendiri, mandi sendiri, menjaga kebersihan sendiri, mampu bersih-bersih sendiri, pakai APD sendiri, pakai masker sendiri," ucap Reisa.

Usai isoman banyak dari warga Indonesia yang masih mempertanyakan perlu atau tidaknya swab PCR. Simak di sini.

Apa harus swab tes lagi usai 14 hari?

Ilustrasi swab test
iStockphoto

Ilustrasi swab test

Baca Juga: Pantas Sekarang Bisa Nikmati Kontrakan 142 Pintu, Pelawak Ini Awali Karir dari Bawah hingga Pernah Rasakan Tinggal di Kandang Kambing, Kini Sukses Tak Main-main!

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest