Follow Us

Ini 4 Kebiasaan yang Tidak Disadari Bisa Buat Kulkas Cepat Rusak

Dok Grid - Rabu, 20 Desember 2023 | 11:24
Ilustrasi kulkas yang ditata dengan benar
The Spruce

Ilustrasi kulkas yang ditata dengan benar

IDEAonline – Dari sekian banyak jenis alat elektronik rumah tangga, kulkas menjadi salah satu yang penting bagi keseharian pemilik rumah. Dengan memiliki kulkas, Anda bisa menyimpan berbagai jenis makanan, mulai dari yang sudah diolah hingga yang berupa bahan mentah.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang abai dengan instruksi pemakaian kulkas dan melakukan beberapa kebiasaan yang malah membuat kulkas tidak bekerja optimal, bahkan cepat rusak.

Kulkas yang sudah mulai mengalami kerusakan biasanya ditandai dengan kulkas kurang dingin, berair, hingga mengeluarkan bunyi berisik.

Dilansir dari Reader's Digest Canada, berikut adalah 4 kebiasaan yang membuat kulkas cepat rusak.

1. Tidak membersihkan saluran pembuangan

Kulkas memiliki banyak komponen esensial, salah satunya adalah saluran pembuangan air dari bunga es yang mencair. Saluran pembuangan yang tersumbat dengan puing-puing es akan menimbulkan masalah pada kulkas.

Air dari bunga es yang meleleh akan meluap dan menetes ke laci bawah kulkas. Hal ini tidak hanya membuat isi kulkas menjadi banjir air, tetapi juga membuat masa pakainya jadi lebih pendek.

Baca Juga: Bau Daging Busuk di Kulkas Langsung Lenyap Hanya Modal Soda Kue dan Bubuk Kopi, Begini Caranya!

2. Tidak membersihkan kulkas

Kotoran yang berasal dari bahan atau tumpahan makanan dan minuman tak hanya mengganggu estetika, tapi juga ikut memengaruhi kinerja kulkas. Belum lagi ketika kotoran ikut menempel di karet pintu, udara dingin bisa bocor keluar sehingga kulkas jadi kurang dingin.

Untuk menjaga suhu dingin pada kulkas, pastikan Anda sering menyeka tepi pintu serta membersihkan kotoran yang ada di lantai kulkas. Jangan lupa cairkan bunga es apabila sudah menumpuk langit-langit freezer dan chiller.

Halaman Selanjutnya

3. Kulkas terlalu penuh
1 2

Editor : iDEA

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular