Follow Us

Biasanya Cuma Buat Masakan, Ternyata Micin Bisa Bikin Tanaman di Rumah Makin Subur, Belum Coba?

Maulina Kadiranti - Selasa, 01 November 2022 | 14:04
Biasanya Cuma Buat Masakan, Ternyata Micin Bisa Bikin Tanaman di Rumah Makin Subur, Belum Coba?
Freepik.com/tontoey2531

Biasanya Cuma Buat Masakan, Ternyata Micin Bisa Bikin Tanaman di Rumah Makin Subur, Belum Coba?

IDEAonline -Monosodium Glutamat (MSG) atau lazim disebut micin atau vetsin dikenal sebagai bahan pelengkap masakan.

Asam glutamat berfungsi sebagai neurotransmitter di otak, yang berfungsi merangsang sel-sel saraf untuk menyampaikan sinyalnya.

Beberapa orang mengklaim bahwa MSG menyebabkan glutamat yang berlebihan di otak dan stimulasi sel-sel saraf yang berlebihan. Peningkatan aktivitas glutamat di otak memang dapat menyebabkan kerusakan.

Baca Juga: Hati-hati Risiko Kanker Kulit Hingga Penuaan Dini, Ini Cara Efektif Hindari Terpaan Sinar Matahari Secara Langsung, Enggak Takut Gerah Pas di Rumah

Baca Juga: Pantas Makin Hari Makin Harmonis Sama Suami, Ternyata Cuma Ganti Model Lemari di Rumah, Jangan Lagi Pakai yang Seperti Ini!

Namun, hal itu bisa trjadi jika kita mengonsumsi MSG dalam jumlah yang terlalu besar. Penelitian juga membuktikan konsumsi MSG dalam jumlah besar bisa meningkatkan kadar darah sebesar 556 persen.

Selain itu, riset 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition juga menemukan, individu yang mengonsumsi MSG dalam jumlah tinggi lebih rentan terhadap obesitas.

Namun, dibalik efek samping yang ditimbulkan justru micin bisa sangat bermanfaat untuk tanaman IDEA lovers.

Micin Bisa Buat Tanaman Makin Subur

Dilansir kompas.com, Pernah ramai pada Mei 2018, akun Instagram milik Apria, @apria_wi, mengunggah sebuah video yang menyebutkan bahwa air larutan vetsin (MSG) dapat menyuburkan tanaman.

Banyak yang berkomentar tentang video ini.

“Baru 2 minggu nyiram pake larutan micin, suerrr deh itu bunga langsung say hello ke aku. Apalagi di video terakhir itu tanaman udh tinggal 5 cm doank daunnya yang tersisa, mau mati, emejing jadi subur segar bugar begitu,” tulis Apri di unggahannya.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest