Follow Us

Cukupkah Pencahayaan Area Kerja di Dapur Anda?

Anissa Q. Aini - Senin, 04 November 2013 | 04:00
Cukupkah Pencahayaan Area Kerja di Dapur Anda
Anissa Q. Aini

Cukupkah Pencahayaan Area Kerja di Dapur Anda

Merancang pencahayaan untuk dapur bisa diibaratkan seperti memasak. Kalau racikan bumbunya tidak pas, rasanya tidak enak. Itu sebabnya tidak bisa sembarang mengaplikasikan pencahayaan. Kebutuhan, kebiasaan, dan selera mempengaruhi penempatan lampu.

Arsitek dan desainer interior, Siulina Mega, mengatakan bahwa di dapur, area yang harus mendapat perhatian besar adalah area kerja.Pasalnya di sinilah kita paling banyak berkegiatan. Mulai dari mempersiapkan bahan makanan, meracik bumbu, memasak, bahkan membuat minuman, dan sebagainya.

"Banyak orang hanya mengandalkan satu buah lampu downlight di plafon. Meski cukup terang, belum tentu memadai untuk bekerja, " ujarnya.

Lebih lanjut, arsitek yang biasa dipanggil Lina ini menjelaskan, area kerja biasanya berada di kitchen set, di bawah kabinet dinding. Dari penempatan ini saja, katanya, cahaya sudah tidak memungkinkan bisa menerangi secara maksimal. Ditambah lagi, posisi berdiri kita yang membelakangi cahaya. Akibatnya tercipta bayangan di area tempat kita meracik dan mengiris bahan makanan.

Kalau keadaannya seperti ini, jangan heran jika kita harus bolak-balik ke bawah cahaya, untuk membaca resep masakan, atau membaca tanggal kadaluarsa bahan makanan. Lebih parah lagi, bekerja dengan pisau dalam keadaan kekurangan cahaya, bisa melukai jari kita.

Untuk menghindari kerepotan seperti yang dijelaskan tadi, Lina menganjurkan untuk menempatkan lampu tambahan. Kalau area kerja berada di bawah kabinet dinding, tempatkan lampu di bawah kabinet. Sehingga cahayanya jatuh sempurna di atas area kerja.

Jika dapur di rumah Anda berukuran besar, biasanya kegiatan terpusat di island. Jadi, tempatkan saja sebuah lampu gantung, tepat di atasnya. Supaya cantik, bisa juga menempatkan deretan tiga buah lampu gantung berukuran kecil dengan desain menarik.

Kalau area kerja sudah mendapat cahaya yang cukup, bekerja di dapur terasa jauh lebih nyaman. Yang tadinya tidak doyan masak, bisa-bisa sekarang jadi hobi menjajal resep-resep baru. Bagaimana dengan dapur di rumah Anda?

Foto: iDEA/ Hendra Nizwar

Editor : iDEA





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular