Follow Us

Ruang Keluarga Nyaman dengan TV yang Tepat

Putri Dwimirnani - Senin, 28 Oktober 2013 | 04:00
Ruang Keluarga Nyaman dengan TV yang Tepat
Putri Dwimirnani

Ruang Keluarga Nyaman dengan TV yang Tepat

Semua orang pasti tahu bahwa monitor komputer dan televisi memancarkan radiasi yang tak baik untuk mata. Jangan sampai keluarga Anda sakit mata hanya gara-gara menonton televisi (TV).

Nah, supaya nyaman dan aman menonton TV di ruang keluarga, perhatikan perhitungan ini.

Ukuran TV yang biasanya dalam satuan inci itu, diambil dari ukuran panjang diagonal layar televisi. Nah, jarak pandang ideal yang disarankan adalah sekitar 6x panjang diagonal TV. Contohnya, televisi 24 inci memerlukan jarak ideal sekitar 3,6 meter.

Sementara, perlakuan untuk TV jenis LCD sedikit berbeda. Ukuran yang digunakan yaitu tinggi layar. Radiasi yang dipancarkan pun lebih kecil sehingga jarak idealnya pun berbeda.

Misalnya, untuk ukuran TV LCD 35 inci, jarak ideal yang disarankan yaitu sekitar 3 meter. Untuk ukuran yang lebih besar, jarak ideal TV dan mata tentu lebih jauh lagi. Televisi ukuran 60 inci misalnya, memerlukan jarak pandang sekitar 4,5 hingga 6 meter.

Kalau sudah tahu jarak minimal yang disarankan, selanjutnya pikirkan masalah audio. Kalau terlalu jauh tentu sulit mendengar bunyi-bunyian dari televisi Anda. Maka, bila TV yang digunakan berukuran besar, lebih baik gunakan pengeras suara tambahan yang diletakkan lebih dekat.

Jadi, memang nggak bisa sembarang pajang televisi. Ukuran TV harus sesuai dengan luas ruangan. Mau gaya dengan TV besar tapi mata rusak? Jangan sampai, deh!

Editor : iDEA





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular