Follow Us

Membuat Ruang Mungil jadi Area Hijau

Maulina Kadiranti - Kamis, 22 Agustus 2013 | 02:00
Membuat Ruang Mungil jadi Area Hijau
Maulina Kadiranti

Membuat Ruang Mungil jadi Area Hijau

Jengah rasanya melihat rumah mungil di kota yang minim tanaman hijau. Selain menyilaukan, panas, dan udara berdebu, secara visual rumah tanpa tanaman hijau tampak sepi dan kaku. Apalagi jika eksterior rumah berona minimalis.

Sebenarnya, lahan terbatas tidak harus menjadi halangan untuk membuat ruang hijau di halaman rumah. Banyak ide-ide menarik yang bisa Anda aplkasikan. Berikut akan dibahas dua ide yang dapat dipraktekkan di rumah bermodel apapun.

Menanam Rumput Pada Batu Grassblock

Menanam rumput di dalam grassblock adalah solusi tepat jika Anda membutuhkan penghijauan tetapi tidak memiliki ruang. Grassblock dapat menjadi lantai garasi mobil atau selasar Anda, sekaligus menjadi media tanam rumput hijau.

1. Isi lubang di tengah batu grassblock atau di antara batu dengan tanah yang dicampur kompos atau pupuk kandang. Pastikan terdapat sisa 2cm dari permukaan atas batu dan tanah.

2.Tanam bibit rumput di lubang grassblock. Tekan tanah setelah Anda menanam bibit agar akar-akar rumput baru menyatu dengan media tanah. Gunakan rumput yang kecepatan pertumbuhannya relatif lambat dan tidak tumbuh menjalar. Yang ideal adalah rumput yang bertekstur halus dan tumbuh tegak ke atas.

3.Siram secara rutin setiap pagi dan sore. Sebaiknya penyiraman dilakukan secukupnya jangan sampai banjir dan juga tidak terlalu kering.

4.Jika rumput belum menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan setelah satu minggu, cobalah untuk memberi tekanan lebih pada area yang ditanami rumput. Misalnya dengan memberi injakan atau menggunakannya sebagai tempat parkir mobil.

Merencanakan Pergola Hijau

Kata pergola berasal dari Bahasa Italia, pergere, yang artinya berjalan atau melanjutkan. Seringkali diwujudkan dalam arsitektur Eropa sebagai lorong yang panjang namun tembus pandang. Seiring waktu berlalu pergola menjadi identik dengan atap peneduh bertanaman hias.

Dengan membuat pergola tanaman, Anda bisa membuatkan lahan di bawahnya sebagai teras maupun garasi, sehingga Anda tidak perlu khawatir lahan Anda habis hanya oleh taman. Pergola hijau bisa Anda bangun dengan bantuan tukang. Berikut adalah langkah persiapan yang bisa Anda ikuti untuk membangun pergola hijau.

1.Tentukan desain pergola yang Anda suka. Umumnya ada dua macam, yakni pergola dengan tiang dan pergola tanpa tiang. Berapa ukuran pergola bergantung pada kebutuhan.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest