Follow Us

Awas Pancaroba! Ini 7 Langkah Bebas Nyamuk di Rumah

Maulina Kadiranti - Selasa, 31 Maret 2015 | 04:10
Awas Pancaroba! Ini 7 Langkah Bebas Nyamuk di Rumah
Maulina Kadiranti

Awas Pancaroba! Ini 7 Langkah Bebas Nyamuk di Rumah

iDEAonline.co.id-Di musim ini, gatal-gatal hanya sebagian kecil efek dari "serangan" nyamuk. Pasalnya, nyamuk pun bisa menularkan berbagai macam penyakit.

Anda tentu harus menghindari risiko tersebut dan perlu melindungi keluarga dari serangan serangga ini.

Tak perlu dengan ongkos mahal. Dengan melakukan tujuh langkah mudah berikut ini, Anda bisa terhindar dari sararan empuk sergapan nyamuk. Simak 7 langkah bebas nyamuk di rumah berikut ini:

1.Mencegah adanya genangan air

Brightnest.com mencatat, hal pertama sebaiknya Anda lakukan adalah mencegah adanya genangan air di rumah dan di sekitar pekarangan rumah. Cara tersebut efektif mengurangi jumlah nyamuk karena menghilangkan genangan air sama dengan menyingkirkan kesempatan nyamuk berkembang biak.

Ikan-ikan bisa memakan jentik nyamuk, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kolam di pekarangan rumah Anda. Namun, jika Anda punya kolam mungil tempat minum burung (birdbath), cobalah menguras dan mengganti airnya setidaknya seminggu sekali.

2. Membersihkan Sisa-Sisa Air Hujan

Hal kedua, masih berhubungan dengan genangan air, pastikan Anda membersihkan sisa-sisa air hujan. Genangan-genangan kecil yang disebabkan karena air hujan pun bisa menjadi sarang nyamuk. Perhatikan juga talang air dan berbagai tempat yang mungkin menjadi genangan air setelah hujan.

3. Pangkas Tanaman

Selanjutnya, pangkas tanaman-tanaman di halaman Anda. Brightnest.com mencatat, nyamuk seringkali tinggal di halaman yang penuh tanaman menjulang. Memotong semak-semak yang sudah terlalu tinggi, ilalang, dan tanaman liar lain di halaman Anda pun bisa membantu mengurangi jumlah nyamuk.

4. Periksa Kasa Jendela

Keempat, periksa kasa jendela Anda. Pastikan kasa Anda dalam keadaan baik, dan tidak ada lubang yang memungkinkan nyamuk masuk ke dalam rumah Anda.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest