Follow Us

Mengunjungi Pameran Lukisan di Galeri Nasional? Lihat Dulu Panduan Lengkapnya!

Sabrina Alisa - Senin, 15 Agustus 2016 | 09:46
Mengunjungi Pameran Lukisan di Galeri Nasional Lihat Dulu Panduan Lengkapnya
Sabrina Alisa

Mengunjungi Pameran Lukisan di Galeri Nasional Lihat Dulu Panduan Lengkapnya

iDEAonline.co.id - Bingung weekend ini kemana? Berhubung sebentar lagi Indonesia akan ulang tahun, tak ada salahnya bila berkunjung ke Galeri Nasional Indonesia untuk menggagumi seni rupa karya dari 20 maestro lukis Indonesia.

Jangan lewatkan kesempatan ini. Pameran dengan judul "Goresan Juang Kemerdekaan : Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan Republik Indonesia" ini diselenggarakan sampai akhir Agustus di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat yang dibuka setiap hari dari pukul 09.00 - 20.00 WIB.

Kabar baiknya, Anda tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Pameran ini gratis untuk umum. Namun, ada baiknya pengunjung memerhatikan beberapa hal berikut. Baik dari aturan, sampai cara menikmati lukisan dengan teknologi terbaru. Berikut panduannya.

Angkutan umum ke Galeri Nasional

Tak ribet, Anda cukup menaiki angkutan umum TransJakarta dan berhenti di Halte Stasiun Gambir. Gedung Galeri Nasional berada persis di seberang Stasiun Gambir.

Aturan masuk pameran

Meski tak dipungut biaya, panitia pameran memberlakukan peraturan yang cukup ketat. Anda dilarang memotret lukisan secara close up dan menggunakan lampu kamera guna menghindari plagiarisme, dilarang membawa tongsis ataupun benda tajam, serta dilarang membawa makanan atau minuman ke dalam ruang pamer.

Jalur pameran

Pameran ini terbagi dalam tiga sub tema. Tema pertama adalah potret tokoh penting perjuangan kemerdekaan Indonesia yang berada di paling depan ruangan. Berjalan agak ke depan, pengunjung akan memasuki ruang dengan tema kondisi sosial masyarakat masa revolusi. Lukisan karya Soerkarno berjudul "Rini" berada di sini. Masuklah ke ruangan pamer selanjutnya, Anda akan menemukan lukisan-lukisan dengan tema Kenusantaraan. Usai tiga ruangan tersebut, Anda akan mendapati ruang pameran foto dan ruang timeline sejarah lukisan koleksi Istana Negara.

Manfaatkan pemandu

Di dalam ruang pameran terdapat delapan orang pemandu yang siap menjelaskan beragam infomasi seputar lukisan. Jangan malu bertanya karena semua lukisan yang dipajang memiliki kisah yang menarik. Ada pula tur dari kurator pameran yang berlangsung tiap hari Minggu, pukul 10.00 WIB dan 13.00 WIB.

Manfaatkan teknologi Augmented Reality

Editor : Sabrina Alisa

Latest