Follow Us

Tropical Unfinished: Tren Desain 2017

Sabrina Alisa - Jumat, 07 Oktober 2016 | 10:03
Tropical Unfinished Tren Desain 2017
Sabrina Alisa

Tropical Unfinished Tren Desain 2017

iDEAonline.co.id - Penghematan energi menjadi isu yang berkembang seiring meluasnya kesadaran akan krisis energi global. Konsumsi energi yang berbanding lurus dengan biaya akan menjadi perhatian utama. Lalu, yang terjadi adalah penghematan besar-besaran di semua aspek termasuk juga pada bidang bangunan, baik dari segi arsitektur dan desain.

Sehingga, tren futuristik yang dahulu banyak diprediksi untuk desain bangunan, justru muncul kecenderungan desain yang merespon alam dan mengapresiasi segala sesuatu yang serba natural: Tropical Unfinished. Ya, mengekspos material sehingga tampil apa adanya dan membawa suasana alam menjadi lebih diapresiasi. Jika dicari kata kuncinya, desain tropis dan unfinished yang akan mendominasi tren desain ke depannya.

Tropical atau mengacu pada desain tropis biasanya selalu berkaitan erat dengan alam. Seperti yang dikemukakan oleh Cosmas Gozali, arsitek, "Menata ulang alam ke dalam desain untuk menghasilkan komposisi-komposisi baru dan solusi. Potensi keindahan alam dapat memberi tambahan estetika pada rumah. Alam juga memiliki energi yang bisa dimanfaatkan untuk penghematan."

Ciri paling kental yang dapat dilihat dari desain tropis adalah adanya interaksi antara ruang dalam dengan ruang luar. Caranya, memasukkan ruang luar ke dalam dan membawa ruang dalam ke luar; memperhatikan efisiensi bentuk bangunan yang dicapai dari bentuk visual, pola sirkulasi, hingga layout yang efisien; serta kental dengan suasana alam yang diwujudkan dalam kehadiran pepohonan dan penggunaan material-material yang menampilkan karakter alam.

Sementara itu, unfinished selalu mengacu pada material yang diekspos. Kesan unfinished yang biasanya ditampilkan sebagai aksen menjelma jadi hidangan utama dalam hunian sekaligus perpustakaan dan studio Realrich Sjarief, Principal Architect RAW Architecture. "Saya percaya material perlu dikembalikan ke posisi natural. Honest, jujur. Tidak perlu pakai kosmetik," ujar Realrich. Kejujuran material yang digaungkan merupakan istilah yang umum digunakan para arsitek kini untuk menggambarkan konsep material yang tampil apa adanya, tidak ada yang ditutup-tutupi; beton terlihat seperti beton, kayu terlihat seperti kayu.

Menurut Rich, raw material yang diaplikasikan dalam bangunan menunjukkan bahwa suatu hal yang sederhana juga dapat menjadi indah. Material dengan biaya rendah juga dapat terlihat mewah. Ini semua dapat terjadi karena raw material menunjukkan proses pembentukannya kepada siapapun yang jeli melihat. Lalu, bagaimana untuk menampilkan suasana tropical unfinished di rumah? Mudah! Ekspos matrial, hadirnya cahaya dan udara alami, serta terdapat tanaman. Jadi, selamat datang tren desain interior 2017: Tropical Unfinished!

Foto Adeline Krisanti

Properti Realrich Sjarief, RAW Architecture

Arsitek Realrich Sjarief, RAW Architecture

Editor : Sabrina Alisa

Baca Lainnya

5 Ide Dekorasi Meja Makan Hanya dengan Buah-Buahan Bertema Tropical

Cara Menyiasati Kamar Tidur Gaya Etnik Agar Tidak Terkesan Horor

Tropicola, Resto Baru di Bali Bernuansa Kolam Renang Tahun 80an

Tropical Contemporary House Desain Kontemporer yang Merespon Iklim

Tak Biasa, Rumah Kontainer Dual Poswe Ini Seharga Rp 200 Juta

Latest

Popular

Tag Popular