Follow Us

Misool, Raja Ampat, Jadi Finalis National Geographic World Legacy Awards

Sabrina Alisa - Jumat, 23 Desember 2016 | 09:50
Misool Raja Ampat Jadi Finalis National Geographic World Legacy Awards
Sabrina Alisa

Misool Raja Ampat Jadi Finalis National Geographic World Legacy Awards

iDEAonline.co.id - National Geographic telah mengumumkan penerima World Legacy Awards 2017. Bekerja sama dengan ITB Berlin, penghargaan tahunan ini diberikan kepada perusahaan, organisasi, maupun destinasi wisata yang mendukung pariwisata yang berkelanjutan dan memberi dampak positif bagi industri pariwisata dunia.

Tahun ini, nominatornya berasal dari 45 negara di 6 benua. Ini menunjukkan bahwa di mana pun, pariwisata berkelanjutan dapat diwujudkan. Penerima penghargaan ini pun dapat sangat beragam, bisa berupa seluruh negara, pulau-pulau kecil, hotel di perkotaan, maupun resor di tengah hutan.

Para nominator tersebut kemudian dinilai oleh lebih dari 20 juri internasional, termasuk penilaian langsung di lokasi. Pemenang penghargaan ini akan diumumkan pada 8 Maret 2017 di Palais am Funkturm, Berlin, Jerman.

"Saat ini semakin banyak pemain industri pariwisata yang memahami bahwa tidak ada masa depan tanpa keberlanjutan, termasuk praktik bisnis yang ramah lingkungan, perlindungan terhadap budaya dan warisan alam, serta manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat lokal di destinasi wisata tersebut," ujar Costas Christ, Chairman of National Geographic World Legacy Awards.

Terdapat 5 kategori pada ajang penghargaan National Geographic World Legacy Awards yang sudah dilakukan ketiga kalinya ini. Misool Eco Resort yang teletak di Raja Ampat Selatan, Papua, yang satu-satunya finalis yang mewakili wilayah Indonesia, dan masuk di kategori Conserving the Natural World.

Di Misool Eco Resort, keberagaman biota laut sangat dijaga. Resor ini menjadi finalis karena dinilai telah menjalankan pariwisata keberlanjutan dan konservasi alam berbasis komunitas. Resor pulau ini pun melindungi area lautan seluas sekitar 1.900 km persegi, mengawasi praktik penangkapan ikan ilegal, serta memantau populasi ikan pari manta. Tak hanya itu, Misool Eco Resort pun mengedukasi masyarakat sehingga hasil tangkapan nelayan lokal meningkat namun tetap mematuhi regulasi yang ada sekaligus menjaga kehidupan biota karang.

Mau tahu destinasi wisata apa saja yang menjadi finalis National Geographic World Legacy Awards? Berikut daftarnya!

1. Conserving the Natural World -- Pengakuan terhadap preservasi alam, perlindungan habitat alami, dan proteksi ragam spesies langka baik di daratan maupun lautan.

Mark Thornton Safaris, Tanzania

Misool Eco Resort, Indonesia

North Island, Seychelles

2. Earth Changers -- Pengakuan terhadap organisasi bisnis terdepan yang mengimplementasikan pola ramah lingkungan dan teknologi hijau, seperti penerapan energi terbarukan dan konservasi air, sampai pengolahan limbah dan reduksi emisi gas karbon.

Editor : Sabrina Alisa

Latest