Follow Us

Menurut Studi Kemenkes, 4 Tanaman Ini Bisa Juga Jadi Obat Tradisional!

iDea Online - Sabtu, 22 Desember 2018 | 20:00
Ilustrasi Tanaman
Kompas.com

Ilustrasi Tanaman

IDEAonline - Tanaman tradisional sering digunakan sebagai alternatif metode pengobatan di Indonesia. Selain itu, tanaman tradisional yang bisa dijadikan obat mudah ditemukan di sekitar rumah.

Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) menjelaskan kepada masyarakat mengenai empat jenis tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional.

Baca Juga : Dulu Pacari Suami Orang, Begini Tampilan Rumah Mewah Yasmine Wilblood Bersama Keluarga Ningrat, Kloset Ada di Dapur?

Berikut empat jenis tanaman obat yang telah dikaji oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemenkes pada 2017.

1. Lengkuas

Lengkuas merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dijadikan alternatif obat untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti panu dan kutu air.

Bagi penderita penyakit kulit, disarankan untuk memilih jenis lengkuas putih dan lengkuas merah yang diambil bagian rimpang (akar tinggal atau sisa serabut).

Baca Juga : Unik! Batu Bata Ini Terbuat dari Urin Manusia, Begini Proses Pembuatannya!

Lengkuas
Sajian Sedap

Lengkuas

Proses penggunaan lengkuas bisa dilakukan dengan menumbuk dan menghasilkan minyak atsiri sebagai antimikroba dan anti jamur.

"Cara pembuatannya dengan dihaluskan, kemudian diberi air secukupnya dan dioleskan pada bagian yang sakit," ujar Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes, dr Ina Rosalina saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (21/12/2018).

Baca Juga : Ridwan Kamil Disebut Pemimpin Gaul, Ini Dia Keunikan dan Keunggulan Rumahnya yang Terbuat dari 30 Ribu Botol Bekas!

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest