Follow Us

Wah, Kebersihan Kolam Ternyata Bisa Menurunkan Tingkat Stres

Stefani Arin - Senin, 02 Juli 2018 | 08:00
kolam ikan | dok. fulltextnews.com
dok. fulltextnews.com

kolam ikan | dok. fulltextnews.com

IDEAonline - Aktivitas kerja setiap hari pasti membuat kita kelelahan, dan terkadang merasa stres saat menghadapi banyak kerjaan. Hal yang dilakukan agar pikiran lebih fresh biasanya pergi keluar rumah untuk jalan-jalan ke mal atau berwisata alam.

Tapi, ada cara lain lho, yang tidak mengharuskan kita keluar rumah. Sebab, di rumah pun kita bisa merasa fresh dan rileks jika memiliki kolam ikan. Jangan harap pikiran bisa menjadi lebih tenang kalau taman air dibiarkan tak terawat. Air yang kotor bisa menjadi sumber penyakit, tanaman yang berantakan tak sedap dipandang. Bukannya rileks, yang ada malah tambah stres.

kolam ikan | dok. fulltextnews.com
dok. fulltextnews.com

kolam ikan | dok. fulltextnews.com

Kolam yang berukuran kecil lebih mudah kotor dibanding yang besar karena lebih cepat menumpuk kotoran dan lumpur. Jadi, semakin kecil kolam, makin seringlah membersihkannya.

Jaga agar dasar kolam tidak dipenuhi lumpur. Bila kolam IDEA Lovers menggunakan pond-liner (cetakan kolam yang terbuat dari plastik), tak perlu khawatir dengan lumpur yang mengganggu. Jika tidak, gunakan pond vacuum untuk menyedot lumpur dan kotoran.

kolam ikan | dok. i.ytimg.com
dok. i.ytimg.com

kolam ikan | dok. i.ytimg.com

Baca juga :

Sedang Membangun Rumah? Percepat Pembangunannya dengan 3 Material Ini!

Murah dan Mudah, Terapkan Hiasan Ini Untuk Kamar Anak Lebih Playful

Yuk Ikuti 4 Langkah Cepat Atasi Kondisi Panas di Dalam Rumah!

Hal penting lainnya, yaitu membersihkan filter air. Ketika membersihkan, keluarkan ikan-ikan dari kolam agar tak terganggu. Bersihkan air kolam hingga bersih, kemudian isi kembali dengan air, dan masukkan lagi ikan-ikan kesayangan.

kolam ikan | dok. cdn.trendir.com
dok. cdn.trendir.com

kolam ikan | dok. cdn.trendir.com

Proses di atas dapat dilakukan untuk membersihkan kolam secara total. Namun jika hanya ingin membersihkan sebagian, maka cukup kuras air kolam dan ganti dengan yang baru. Saat menguras itu, bersihkan juga lumpur yang mungkin ada pada dasar kolam. Dengan begitu, air kolam berikut kehidupan di dalamnya dapat tetap sehat. Jika, kolam bersih, maka taman air pun sehat dan indah seperti yang IDEA Lovers harapkan.

Penulis : Putri Dwimirnani

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest