Intip Rahasianya! Mendesain Rumah Minimalis Modern di Lahan Luas agar Tetap Hangat Tak Membosankan

Sabtu, 12 Juni 2021 | 06:53
Kompas.com

Ruang Keluarga YY Residence karya Hadivincent Architects

IDEAOnline-Mendesain rumah dengan konsep rumah minimalis modern pada lahan yang luas memang menjadi tantangan tersendiri.

Tantangannya adalah tetap dapat menghasilkan flow ruangan yang hangat dan nyaman, jauh dari kesan dingin, dan tak membosankan.

Baca Juga: Ingin Tahu, Dekorasi yang Dulu Ngetren tapi Kini Engga Lagi? Cek Yuk!

Baca Juga: Kiat Ciptakan Kamar Bernuansa Tropis di Rumah Bergaya Minimalis Modern

Diketahui, konsep rumah minimalis modern merupakan salah satu konsep rumah paling favorit di dunia. Dianggap punya kelebihan karena ciri dan karakternya.

Konsep rumah minimalis modern ini menerapka desain efisien dan efektif melalui kesederhanaan bentuk. Bentuk kotak, baik secara vertikal atau horizontal dengan detail akhir pengolahan bentuk ini adalah bersih dan simpel.

Ekspresi dari konsep rumah minimalis modern ini ditonjolkan dari sisi material dan tekstur oleh pencahayaan ruang yang diolah secara cermat. Warna dinding adem dan warna interior netral.

Serangkaian kombinasi material yang dipakai, menarik dan fungsional. Kayu, kaca, dan bahan olahan yang konkrit.

Kompas.com
www.arsitag.com

Fasad YY Residence karya Hadivincent Architects

Menganut prinsip less is more, konsep rumah minimalis modern menyajikan tatanan interior yang minimal tapi sarat manfaat, efisien, dan tidak ribet. Perabot secukupnya, efisien sesuai kebutuhan; sedikit hiasan, dan fitur-fitur pegangan tersembunyi (touchless) dan mneyatu dnegan perabot.

Baca Juga: Kini Pindah Rumah ke Negeri Paman Sam, Mantan Artis Panas Ini Justru Banjir Job dan Miliki Karir Gemilang, Intip Huniannya!

Baca Juga: Fasad Didesain Tropis Merespons Alam, Sejuknya Sampai ke Dalam Rumah

Sederet karakter konsep rumah minimalis modern ini, ketika diterapkan pada lahan minim atau tak terlalu luas memberi manfaat lebih yaitu optimalnya pemanfaatan ruang dan terasa tak sesak. Namun, penerapan di lahan yang luas, sangat mungkin menjadikan rumah terkesan kosong, dingin, hampa.

Dirilis dari laman Kompas.com (28/12/19), Hadivencent Architects telah berhasil mendesain hunian di Kota Denpasar, Bali dengan konsep rumah minimalis modern di lahan yang cukup luas. Rumah tampil super sleek namun tetap hangat, jauh dari kesan dingin, tak membosankan.

Rahasia keberhasilan desain dari Hadivencent Architects ini setidaknya ada pada 4 hal berikut. Intip yuk!

Kompos.com
www.arsitag.com

Lorong YY Residence karya Hadivincent Architects

1. Konsep Rumah Terbuka

Manfaat dari penerapan konsep open space atau terbuka ini adalah membuah sinar matahari masuk dengan leluasa, sehingga menihilkan kesan ruangan yang dingin.

Sinar matahari ini mempertajam detail tekstur pada bagian interiornya. Hal ini terlihat di runag tengah rumah yang memiliki palet warna interior yang gelap dengan dinding bebatuan dan sofa berwarna abu-abu.

Baca Juga: Bisa Tahan Berbulan-bulan, Begini Cara Menyimpan Santan Dikulkas Agar Tak Cepat Basi!

Baca Juga: Rumah Tumbuh Berkonsep Kubisme dengan Gaya Modern Kontemporer

Dengan desain palfon yang sengaja dibuat tinggi serta bukaan yang hampir meniadakan dinding massif, sinar matahari yang masuk pun memberi kehangatan pada ruang.

Konsep yang terbuka ini juga seakan berhasil membawa suasana taman yang hijau di luar rumah, dibawa masuk ke dalam rumah dan memberi suasana segar.

2. Lorong Minimalis jadi Focal Point

Sentuhan khusus dilakukan Hadivincent Architect pada lorong sehingga kesan gelap dan sempit tak nampak lagi, sebaliknya tampilan yang mencuri perhatian ada di area penyambung antar-ruang ini.

Lampu sorot dipasang menyinari kolam ikan yang ada di bawahnya untuk hilangkan kesan gelap.

Kesan sempit pun tak terlihat berkat salah satu dinding dibikin sleek sehingga memberi kesan luas.

Tampilan almi hadir melalui lantai kayunya.

Kompas.com
www.arsitag.com

Tangga dan selasar YY Residence karya Hadivincent Architects

3. Dramatis di Tangga Terbuka dengan Material Kaca

Baca Juga: Didukung Filter Teknologi Ganda, Air Purifier AIOT Sharp Ciptakan Udara Bersih Bebas Virus, Begini Cara Kerjanya!

Baca Juga: Cara Ukur Anak Tangga dan Kemiringan Tangga agar Nyaman Dijejak

Sentuhan menarik juga ada di tangga menuju lantai dua.

Konsep terbuka dietrapkan dnegan membuka atap sehingga cahaya matahari bisa masuk hingga ke dasar tangga.

Cara ini berhasil membuat suasana yang dramatis di area ini khususnya di siang hari, di mana komposisi bayangan alami terbentuk dari cahaya matahi.

Sentuhan material ada pada paduan material kaca dan warna putih bersih sebagi ciri khas konsep minimalis dan penggunaan lantai kayu horizontal yang memberi efek ruang panjang dan luas, serta plafon kayu dnegan palet warna senada.

Komposisi geometri garis, warna, dan tekstur menyatu dengan selaras, tercipta dengan apik.

Kompas.com
www.arsitag.com

Taman YY Residence karya Hadivincent Architects

4. Memanfaatkan Lahan Sisa untuk Taman

Baca Juga: Kini Pindah Rumah ke Negeri Paman Sam, Mantan Artis Panas Ini Justru Banjir Job dan Miliki Karir Gemilang, Intip Huniannya!

Baca Juga: Empat Pilihan Gaya Taman, Karakter Khas dan Cara Menata agar Cantik

Setiap sudut hunian ini dimanfaatkan dengan baik.

Sudut mungil di depan rumah difungsikan sebagai taman yang menyatu dengan teras.

Meski desain rumah minimalis cenderung minim furnitur dan dekorasi, penempatan beragam elemen alam seperti taman, pohon, serta kursi dan lantai kayu dapat menghasilkan nuansa tropis khas Bali serta suasana yang super cozy.

Taman ini menjadi bagian pemandangan dari ruangan, dengan adanya bukaan dan jendela besar sebagi akses pencahayaan alami ke dalam ruangan.

Alam tropis otomatis jadi dekorasi yang sempurna.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #RumahMinimalisModern

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya